POPULAR STORIES

Pertamina Jamin Pasokan BBM Saat Libur Natal Dan Tahun Baru Aman

Pertamina Jamin Pasokan BBM Saat Libur Natal dan Tahun Baru Aman Pertamina memperkirakan, konsumsi gasoline atau Pertamax, Pertalite dan sebagainya selama periode tersebut akan meningkat 5,6 persen.

KabarOto.com- Pertamina menjamin pasokan BBM dan gas pada saat Natal dan Tahun Baru aman. Adiatma Sardjito, Vice President Corporate Communication PT. Pertamina memperkirakan, konsumsi gasoline atau Pertamax, Pertalite dan sebagainya selama periode tersebut akan meningkat 5,6 persen. Sementara itu gasoil atau minyak solar, biosolar naik 2,5 persen tahun ini.

Dia menambahkan, stok BBM, LPG dan avtur dalam kondisi yang sangat aman rata-rata ketahanan stok berada di atas 20 hari. Menurutnya, rata-rata kenaikan konsumsi gasoline dalam harian selama masa Natal dan Tahun Baru yaitu 99.731 kilo liter (KL) atau meningkat dari periode sebelumnya yang hanya 94.556 KL per hari.

Baca Juga: Pertamina Menjual BBM Dalam Kemasan Di 70 Lokasi Mudik

Sementara konsumsi gasoil rata-rata naik dari 39.510 KL per hari menjadi 41.223 KL. "Masa cuti bersama serta liburan akhir tahun dan libur anak sekolah mendorong peningkatan konsumsi BBM pada akhir tahun ini," kata Adiatma, di Menara 165, Jakarta Selatan.

Pertamina siapkan mobil pengangkut BBM di beberapa titik kemacetan.

Untuk memenuhi kebutuhan BBM di rest area Tol atau di jalan arteri di beberapa kota, Pertamina akan menyediakan kios Pertamax, serambi Pertamax, motor kemasan, mobil dispenser, dan truk tangki yang ada meterannya yang bisa langsung diisi ke mobil konsumen.

"Ada kantong BBM, mobil tangki isi yang disiagakan di SPBU, kalau macet SPBU habis bisa diisi oleh mobil tangki tersebut. Belajar dari Gojek, tinggal telepon dan akan dikirim. Kontak center 1500000, dan waze bisa menunjukan SPBU terdekat," terangnya. Sementara motor kemasan, bisa menjangkau konsumen yang berada di titik kemacetan.

Baca Juga: Pertamina Dukung Pemerintah Siapkan BBM Berkualitas Setara Euro 4

Pertamina juga bekerjasama dengan Korlantas untuk mengawal mobil dispenser untuk mendistribusikan BBM ini. "Tahun lalu mobil dispenser kita siapkan 10, tahun ini 12. Di jalur-jalur kemacetan mobil dispenser dan truk tangki yang ada meterannya ini bisa didatangkan dan konsumen bisa mengisi disitu," terangnya.