POPULAR STORIES

Pertamina Kembali Resmikan 7 Penyalur BBM Satu Harga Di Wilayah Timur Indonesia

Pertamina Kembali Resmikan 7 Penyalur BBM Satu Harga di Wilayah Timur Indonesia Ilustrasi SPBU Pertamina (Pertamina)

KabarOto.com - Pertamina, baru saja meresmikan sekaligus 7 Lembaga Penyalur BBM Satu Harga di Wilayah Timur Indonesia. Lokasinya meliputi, 6 titik di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan 1 titik di Maluku Utara.

Enam titik BBM Satu Harga di NTT berlokasi di Omesuri dan Nubatukan (Kabupaten Lembata), Wolowaru (Kabupaten Ende), Ruteng (Kabupaten Manggarai), Kodi Utara (Kabupaten Sumba Barat Daya) dan Alor Timur (Kabupaten Alor). Sementara di Maluku Utara, titik BBM Satu Harga berlokasi di Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai.

Baca Juga: Hingga 2024, Program BBM Satu Harga Ditargetkan Mencapai 500 Titik

"Dengan kerja keras dan dukungan semua pihak, Pertamina telah berhasil menuntaskan target BBM Satu Harga lebih cepat, termasuk di Wilayah Timur Indonesia. Kehadiran Lembaga Penyalur ini diharapkan semakin meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat," ujar Fajriyah Usman Vice President Corporate Communication Pertamina.

Harga premium kini tak lagi Rp 100 ribu per liter

Penyaluran BBM di Wilayah Timur Indonesia, lanjut Fajriyah, dilakukan Pertamina dengan beragam moda transportasi. Di darat menggunakan mobil tangki yang harus melalui medan yang cukup berat, di laut melalui kapal dengan tantangan ombak dan cuaca ekstrim, serta perahu dan sampan untuk pengangkutan BBM melalui jalur sungai.

"Khusus wilayah yang sulit dijangkau, Pertamina menyiapkan pesawat khusus pengangkut BBM jenis ATR dengan kapasitas 4.000 liter. Semua cara kita lakukan, agar BBM bisa terdistribusi hingga wilayah ujung Indonesia," jelasnya dalam keterangan resmi (15/10).

Menjangkau wilayah 3T

Kehadiran BBM Satu Harga di Wilayah Timur Indonesia, telah menurunkan harga BBM yang semula bisa mencapai Rp 100.000 per liter, kini sama dengan wilayah lain yakni Rp 6.450 untuk premium dan Rp 5.150 untuk solar.

Baca Juga: Balai Kemenperin Berhasil Mengolah Sampah Plastik Menjadi BBM Setara Solar

Harga BBM di wilayah terdepan, terluar dan terpencil (3T) makin terjangkau, maka harga barang dan biaya transportasi juga mengalami penurunan, sehingga dapat menggerakkan aktivitas ekonomi masyarakat.

"Pertamina terus berusaha menuntaskan tugas yang diemban, pantang menyerah, meskipun harus menghadapi berbagai tantangan dalam mendistribusikan BBM di wilayah 3T. Inilah bentuk tanggung jawab Pertamina sebagai BUMN agar kehadirannya dirasakan oleh masyarakat di seluruh penjuru negeri," pungkas Fajriyah.