POPULAR STORIES

Petronas Tegaskan Belum Ada Diskusi Untuk Menggelar F1 Malaysia Tahun 2026

Petronas Tegaskan Belum Ada Diskusi untuk Menggelar F1 Malaysia Tahun 2026 F1 Sirkuit Sepang Malaysia. Foto : F1.

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu tersiar kabar kalau Formula 1 akan kembali ke Malaysia setidaknya pada musim 2026. Namun hal itu nyatanya tidak benar, bahkan Petronas membantahnya dalam pernyataan resmi.

“Petronas mengacu pada laporan berita yang diterbitkan pada 31 Januari 2024 tentang potensi kembalinya Grand Prix Formula 1 ke Sepang, Malaysia, pada tahun 2026. Kami ingin mengkonfirmasi bahwa belum ada diskusi mengenai membawa kembali olahraga tersebut ke Petronas. Sirkuit Internasional Sepang,” bunyi pernyataan itu.

Sepang, Malaysia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia F1 pada musim 1999, namun menurunnya penjualan tiket, dan meningkatnya biaya penyelenggaraan acara, membuat pemerintah menghentikan balapan pada tahun 2017.

Baca Juga : Haas VF-24 Sudah Rilis Begini Tampilannya

Sirkuit Sepang memiliki panjang sekitar 5,543 km, dibekali total 15 tikungan, dan 3 lintasan panjang. Pada musim terakhirnya, Max Verstappen (Red Bull TAG Heuer) berhasil menjadi juara.

Baca Juga : Lewis Hamilton Gabung Ke Ferrari, Begini Kata Carlos Sainz

Beberapa waktu lalu juga Presiden Asosiasi Olahraga Motor Malaysia (MAM), Tan Sri Mokhzani Mahathir mengatakan bahwa kembalinya Malaysia sebagai tuan rumah tinggal menunggu waktu, dan permasalahan terbesar adalah biaya menyelenggarakannya. Mahathir memperkirakan sekitar 40 juta Euro atau sekitar Rp 643 miliar per tahun menjadi tuan rumah.