POPULAR STORIES

Peugeot Boxer 4x4 Concept, Campervan AWD Berdimensi Besar

Peugeot Boxer 4x4 Concept, Campervan AWD Berdimensi Besar

KabarOto.com - Peugeot dan Citroen sebagai produsen otomotif asal Perancis yang tergabung dalam PSA Group kembali menambahkan konsep campervan ketiga, bernama Peugeot Boxer 4x4 Concept yang dirancang sebagai mobil rekreasi keluarga berukuran besar dengan penggerak AWD dan kemampuan dalam melewati medan off-road.

Campervan ini diluncurkan setelah Peugeot dan Citroen meluncurkan lebih dulu 2 konsep Campervan lain yaitu Citroen SpaceTourer 4x4 E, dilanjutkan dengan Peugeot Rifter 4x4 dengan ukuran lebih kecil.

Campervan berukuran besar ini tampil dalam ajang Recreational Vehicle Show 2019 pada 28 September sampai 6 Oktober 2019 yang lalu di Le Bourget, Paris, Perancis.

Baca juga: 4 Fitur Pada Peugeot 3008 Yang Berguna Saat Musim Hujan

Peugeot di pasar otomotif Eropa sendiri sebenarnya bukan model van baru, campervan ini telah terjual lebih dari 720.000 unit sejak diperkenalkan. Kali ini, Peugeot memperkenalkan Boxer 4x4 Concept, dengan desain yang lebih menawan untuk menarik konsumen lebih banyak.

Berbasis pada Boxer L3 dengan tambahan 8 lampu LED off-road yang terpasang di atap untuk memberikan visibilitas yang lebih baik saat menjelajah di malam hari. Ditambah kelir Wanderlust Green pada sekujur bodi eksterior dipadu kilauan satin dan mutiara.

Sebagai campervan untuk rekreasi, ruang kabin memiliki luas mencapai 10 m2 yang dirancang secara ideal untuk 3 orang. Terdapat 4 ruang yang terbagi di dalam kabin, seperti ruang kemudi, ruang dapur, ruang makan, dan kamar tidur. Soal akomodasi, terdapat banyak ruang penyimpanan di dalam kabin, memungkinkan pemilik untuk menyimpan barang-barang dan peralatan dengan jumlah yang banyak.

Mobil berdimensi besar ini, memuat perahu di atap dan sepeda listrik eMO2 FS Powertube yang tergantung pada pintu belakang.

Baca juga: Baim Wong Resmi Jadi Ayah, Paula Diberi Hadiah Peugeot 5008

Selain ruang kabin yang luas, suasana kabin juga dibuat lebih segar dengan warna kontras ditambah material kayu memberikan suasana yang hangat dan menenangkan. Terdapat balutan material kain yang dibuat khusus dikombinasikan dengan lapisan kulit Alcantara Greval Grey yang diaplikasikan juga pada Peugeot e-208 GT, 508 Hybrid GT, 508 SW Hybrod GT dan 3008 Hybrid4.

Di sisi hiburannya, terdapat sistem infotainment berukuran 9 inci lansiran Alpine dengan sistem navigasi real-time Waze supaya perjalanan jauh bersama teman atau keluarga lebih terarah dan tidak tersesat. Selain sistem Waze, sistem infotainment ini memiliki konektivitas Android Auto, Apple CarPlay, konektivitas Bluetooth, dan fitur multi-view HD Camera untuk melihat keadaan sekitar kendaraan.

Dalam menunjang pengendalian yang lebih baik saat rekreasi, Campervan Boxer ini ditenagai dengan mesin turbo diesel BlueHDi yang menghasilkan tenaga sebesar 162 dk dan torsi 370 Nm, tenaga mesin ditransfer ke sistem penggerak AWD melalui transmisi manual 6 percepatan.

Supaya mampu menaklukan medan off-road ekstrim, campervan besar ini menggunakan ban off-road dari BF Goodrich yang memiliki ketangguhan dalam kekuatan dan daya tahan ban selama off-road. Tak hanya itu, ground clearance dibuat lebih tinggi 30 milimeter di bagian depan dan 50 milimeter di bagian belakang.

Mobil inibeberapa komponen terbuat dari bahan ramah lingkungan dan daur ulang, sepertia meja makan, meja dapur dan wastafel terbuat dari mineral alami putih Aragonite yang menggabungkan batu alam dengan keramik.

Bahan daur ulang lainnya digunakan pada seluruh lantai, tangki mobil terbuat dari 85% plastik bekas, 10% botol susu dan 5% botol minuman. 50 kg plastik daur ualng yang digunakannya dapat menghemat 75 kg bahan baku konvensional.

Untuk menjaga lingkungan sekitar, gas buang campervan ini telah mengadopsi pengendalian emisi terbaru FAP dan SCR, sehingga memenuhi standar Euro 6 terbaru yang berlaku. (Nora Dian Pratama)