POPULAR STORIES

Peugeot E-Expert Hidrogen Resmi Dijual, Ini Spesifikasi Dan Kelebihannya

Peugeot E-Expert Hidrogen Resmi Dijual, Ini Spesifikasi dan Kelebihannya Peugeot E-Expert Hidrogen (Peugeot)

KabarOto.com - Kendaraan Hidrogen pertama kali diproduksi Peugeot akhir tahun lalu (13/12). Peugeot mengklaim pihaknya menjadi salah satu produsen pertama yang menawarkan versi tenaga sel bahan bakar hidrogen pada segmen kendaraan komersial.

“Teknologi listrik hidrogen memungkinkan penggunaan sehari-hari yang intensif tanpa kebutuhan untuk pengisian ulang, keuntungan yang menentukan bagi para profesional dalam satu hari harus menempuh beberapa ratus kilometer di jalan raya dan juga memasuki daerah perkotaan yang dibatasi emisi,” jelas Linda Jackson selaku CEO Peugeot.

Teknologi bernama Hidrogen e-Expert tersebut, mulai diproduksi pada akhir tahun 2021. Peluncurannya hampir 15 bulan setelah peluncuran model e-Expert bertenaga baterai pada tahun 2020 lalu.

Baca juga: Alasan Merek Peugeot Garap Serius Pasar ASEAN

Unit ini klaimnya dinobatkan sebagai Van of the Year Internasional pada 2021. Selain itu merupakan unit mereka ke-6 yang memenangkan penghargaan bergengsi ini sejak 1992.

Pembuatan teknologi itu berdasarkan pada varian sebelumya yang bertenaga baterai. Peugeot Ini pertama kali diproduksi di Prancis, di Hordain (Nord, Hauts de France), kemudian dibangun di Rüsselsheim, Jerman.

Adapun beberapa poin yang menjelaskan teknologi tersebut, seperti sel bahan bakar menghasilkan listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan hidrogen di dalam tangki.

Baca juga: Formasi Balap Mobil Balap Peugeot 9X8 Di Kejuaraan Balap Endurance

Baterai isi ulang lithium-ion tegangan tinggi dengan kapasitas 10,5 kWh dapat diisi ulang dari jaringan listrik dan dapat memberi daya pada mesin listrik dalam fase mengemudi tertentu.

Keuntungannya diklaim sanggup menempuh semua jarak tanpa emisi CO2, mengisi hidrogen dalam 3 menit selama lebih dari 400 km dalam siklus homologasi WLTP (di bawah homologasi).

Terdapat soket pengisi daya untuk baterai tegangan tinggi, tersedia dalam 2 ukuran yakni standar dan panjang) dengan karakteristik volume pemuatan yang sama dengan versi diesel dan baterai elektrik, volume beban hingga 6.1m³, muatan hingga 1.000 kg, kapasitas penarik hingga 1.000 kg, kemampuan beradaptasi untuk semua kondisi jalan raya dan jalan tol, dengan kecepatan maksimum 130 kpj.