POPULAR STORIES

Peugeot E-Traveller, Andalan Pebisnis Shuttle

Peugeot e-Traveller, Andalan Pebisnis Shuttle

KabarOto.com - Membuka kuartal kedua tahun 2020, manaufaktur berlambang Singa Prancis alias Peugeot memperkenalkan jajaran baru kendaraan listrik penumpang Multi Purpose Vehicle (MPV), Peugeot e-Traveller.

Berbasis dari kendaraan komersial Peugeot e-Expert yang disulap menjadi kendaraan penumpang dengan konfigurasi delapan tempat duduk. Di segmennya, e-Traveller akan bersanding dengan Volkswagen e-Transporter yang juga andalkan tenaga listrik murni.

Baca juga: Mitsubishi Outlander PHEV Black Edition, Jagoan Baru di Jepang



Oh iya, e-Traveller ini cukup menarik konsumen dengan kepentingan berbeda. Berupa panjang dimensi, mulai dari Compact 4.600 mm, Standard hanya 4.950 mm dan versi Long adalah 5.300 mm. Tinggi e-Expert hanya disiapkan 1.900 mm agar bisa masuk tempat parkir umum.

Daya angkut bisa disajikan sembilan orang di dalam kabin, masih bisa menyediakan muat barang hingga 1.500 liter. Sedangkan bila hanya membawa lima penumpang, ruang bagasi bisa disesuaikan hingga 3.000 liter. Atau bisa juga mencapai 4.900 liter dengan meniadakan jok baris kedua dan ketiga. MAsih ada tempat-tempat penyimpanan kecil bila dijumlah sekitar 74 liter.



Adapun motor listrik penggerak e-Traveller memiliki kemampuan jelajah 230 km berkat kapasitas baterai 50 kWh. Baterai tersimpan di bawah lantai berkat EMP2 (Efficient Modular Platform), sehingga tak memengaruhi ruang bagasi dan juga jumlah kursi penumpang.

Baterai 50 kWh dengan bahan lithium-ion terdiri dari 18 module. Sedangkan pilihan 75 kWh terdiri dari 27 module. Nah, baterai terbesar ini bisa membuat e-Traveller menempuh jarak 330 km.



Performa baterai 50 kWh ini setara 134 dk dan torsinya 260 Nm. Melaju 0-100 kpj hanya perlu waktu 13,1 detik dengan kecepatan tertinggi 130 kpj. Tak perlu takut kehabisan baterai, karena sekali isi baterai penuh bisa menempuh 230 km.

Sistem pengisian baterai melalui public rapid charge terminal dengan kekuatan 100 kW bisa terisi hingga 80% hanya perlu waktu 30 menit. Baterai sudah bersertifikat dan punya garansi delapan tahun atau jarak tempuh 160.000 km.



Karena awal di lepas di Eropa, sistem pemanas kabin disertakan dengan resistor 10 kW. Ada versi pilihan khusus, bagi yang ingin setiap jok ada pemanasnya. Pengaturan pemanas bisa dilakukan melalui layar sentuh di dasbor.

Baca juga: Peugeot e-Expert, Pebisnis Bisa Makin Untung



Memberikan kenyamanan selama berkendara, penumpang bisa melakukan Mirror Screen termasuk koneksi Apple CarPlay atau Android Auto. Pengendara juga mudah mengoperasikan kontrol transmisi "e-Toggle". Ada pilihan berkendara Eco, Normal atau Power.



Senyapnya e-Traveller saat melaju, untuk di perkotaan saat melaju di atas 30 kpj, akan ada suara peringatan kepada pejalan kaki.