Piaggio Patenkan Fitur Aero Aktif Untuk Tingkatkan Performa Skuter MP3

Piaggio Patenkan Fitur Aero Aktif untuk Tingkatkan Performa Skuter MP3 Piaggio MP3 (Piaggio)

KabarOto.com - Pabrikan motor asal Italia, Piaggio tampaknya sedang menyiapkan suatu inovasi terbaru pada skutik roda tiganya, MP3. Kali ini, Piaggio telah merancang sistem aerodinamika terbaru.

Hal tersebut dilakukan, agar produk Piaggio khususnya MP3, akan memiliki tingkat kestabilan dan pengendalian mumpuni, dengan hadirnya fitur yang dinamakan aero aktif.

Baca Juga: Cek Persiapan New Normal, Presiden Jokowi Naik Mobil Baru Ke Bekasi?

Perangkat ini, berupa winglets atau sayap yang dipasang tepat di penutup depan atau fairing MP3, dan dapat bergerak secara independen, untuk mengatur kekuatan downforce.

Skema fitur aero aktif

Teknologi itu, terinspirasi dari komponen sayap di fairing depan sepeda motor balap. Canggihnya, fitur aero aktif dapat bekerja secara otomatis dengan bantuan komputer (CPU) yang ditanam ke MP3.

"Ini (aero aktif) dapat membantu menstabilkan sepeda motor selama menikung, dengan sayap menghasilkan daya angkat atau downforce di sisi yang berlawanan dari sepeda motor," jelas Piaggio.

Mempermudah pengendalian

Efek penggunaan sistem ini, dikabarkan akan terasa saat berada di kecepatan lebih dari 45 kpj. Winglets ini juga bisa membantu pengereman dan percepatan, karena gerakannya bersamaan untuk memposisikan banyak atau sedikitnya downforce di roda.

Baca Juga: Breitling Dan Bentley Chronomat, Tandai 17 Tahun Kerjasama

Menariknya, dengan fitur ini pengendara juga akan lebih mudah mengendalikan motor roda tiga tersebut, terutama saat masuk dan keluar tikungan. MP3 pun akan lebih mudah untuk melakukan cornering dan setelahnya kembali tegak.

Saat ini, Piaggio telah mendapat hak paten atas hasil risetnya tersebut, yang diterbitkan oleh World Intellectual Property Office. Sayangnya, Piaggio belum berencana untuk melakukan produksi terhadap teknologi canggih itu.