POPULAR STORIES

Piaggio Roda Tiga Akan Dirakit Di Gresik Jawa Timur

Piaggio Roda Tiga akan Dirakit di Gresik Jawa Timur Piaggio roda tiga saat ini sudah bisa dipesan oleh pelaku usaha logistik

KabarOto.com - Piaggio Commercial Indonesia (PCI) saat ini berada di bawah PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Piaggio komersial di Indonesia. Perusahaan ini tergabung dengan Indoprima Group. Semua model Piaggio roda tiga baik konvensional dan listrik, akan dirakit di Gresik, Jawa Timur.

"BML sebagai distributor untuk Piaggio Commercial. Piaggio di Indonesia sendiri ada dua, yakni roda dua, dan ini untuk roda tiga dan lebih, jadi di sektor komersial. Kita juga akan merakit di Indonesia," jelas President Director PT Bagaskoro Mega Langgeng, Kristianto Goenadi.

Baca juga: Planet Ban Akan Hadirkan Charging Station Untuk Piaggio Ape Electric

Piaggio roda tiga listrik

Awal April 2021 lalu, kendaraan bermerek Piaggio 'Ape' ini didistribusikan oleh perusahaan lama. Namun, kini diambil alih mereka. "Jadi kalau kita sudah cek Piaggio, mereka hanya menghabiskan stok yang ada. Kita distributor baru, dan assembling di Indonesia," terangnya.

Fasilitas perakitan di pabriknya memiliki kapasitas produksi sebanyak 200 unit per bulan untuk lini 'Ape', motor listriknya sekitar 20 persen. "Assembly kita di Gresik, kita punya kapasitas sekitar 200 per bulan. Itu bisa di-expand," jelas Kris.

Piaggio komersial

"Electric sendiri kapasitas sekitar 20 persen dari total kapasitas. Kita masih prioritas assembling yang bensin dan diesel," tambah Kris, Selasa (14/12/2021). Sementara itu, tingkat kandungan lokal dalam negeri untuk produk ini mencapai 10 persen.

Baca juga: Piaggio Roda Tiga Listrik Sasar Segmen Fleet, Harga Rp115 Jutaan

Ia mengatakan, mereka berkomitmen untuk meningkatkan TKDN agar industri lokal lebih bergairah. "Komponen lokal saat ini 10 persen, kita ada komitmen untuk meningkatkan," tambah Kris.