POPULAR STORIES

Piaggio Zip, Dahulu Dicaci Sekarang Dicari

Piaggio Zip, Dahulu Dicaci Sekarang Dicari Kipli

KabarOto.com - Piaggio Zip lahir sebagai sebuah skuter yang kompak dan efisien, sebagai kendaraan bermotor dengan target masyarakat urban atau perkotaan. Dulu tak ada yang melirik motor ini untuk dimiliki, namun kini banyak dicari diburu oleh para kolektor

Kemunculan PT Piaggio Indonesia (PID) pada tahun 2011 silam, membuat Piaggio Zip memiliki akte kelahiran Vietnam, setelah sebelumnya pada tahun 2010 diimpor secara utuh oleh pemegang lisensinya di Indonesia, yakni PT Sun Motor dari Tiongkok.

Baca juga: Cara Piaggio Indonesia Gandeng Forum Wartawan Otomotif Berbagi Sesama Di Bulan Ramadan

Sejak berpindah tangan ke PID, Piaggio Zip dibanderol dengan harga kurang lebih Rp 18 jutaan. Sayangnya, rentang produksi motor mungil tersebut tak lama, alias hanya bertahan selama 3 tahun saja, terakhir produksi 2013.

Nah, sejak saat itu, harga jual sekennya pun merosot drastis. "Saya ingat pernah ditawari Piaggio Zip keluaran 2011 warna putih, harganya Rp 2 juta waktu tahun 2018 lalu," jelas salah satu kolektor spesialis sepeda motor antik berinisial R, di bilangan Depok, Jawa Barat. Ia mengaku agak menyesal jika mengingat itu. "Andai saja saya ambil (beli), harganya kini meroket," ujarnya.

Pria asal Banyumas itu, kini telah memiliki kurang lebih 4 Piaggio Zip di kediamannya. Ada 3 unit untuk dijual dan 1 unit merupakan motor simpanannya. Ia juga bilang, sejak tahun 2019-2020, harga Piaggio Zip mulai meroket drastis.

Baca juga: Piaggio Indonesia Tanggapi Soal Model Vespa Dijiplak Skuter Listrik Lain

"Mungkin ada 'pemain' yang 'goreng' harganya, saya juga kurang tahu persis. Namun, sejak itu, memang saya akui banyak sekali rekan-rekan saya yang berburu Piaggio Zip ini," kata R.

Bahkan, Ia juga bilang, salah satu rekannya ada yang pernah menjual Piaggio Zip dengan harga yang terbilang fantastis.

"Nah teman saya itu, jual (Piaggio) Zip miliknya seharga Rp 30 juta. Memang kondisinya sangat baik, bahkan nyaris seperti baru keluar diler di masanya, terjualnya pun cepat, enggak sampai 24 jam," tutupnya.

Piaggio Zip 100 sendiri lahir dengan desain tubuh khas Eropa yang simpel, dengan mesin 4 tak berstandar Euro 2 berkapasitas 100 cc yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 5,7 dk pada putara 6.750 rpm dengan torsi sampai 6,5 Nm pada 5.500 rpm. Bobot motor ini hanya berkisar di angka 89 kg dengan kapasitas tangki BBM mencapai 7,3 liter.