POPULAR STORIES

Pikap Argo Sasquatch, Rancangan Untuk Medan Off-road Dan Amfibi

Pikap Argo Sasquatch, Rancangan untuk Medan Off-road dan Amfibi Foto: Argo

KabarOto.com - Kendaraan segala medan Argo Sasquatch, bisa menjelajah medan rawa dan utilitas tak terbatas. Monster amfibi bergaya pikap, akan diproduksi untuk pasar Amerika Utara.

Pabrikan asal Kanada ini, merupakan perusahaan yang membuat kendaraan multi medan juga kini tengah mengembangken kendaraan off-road khusus untuk pasar komersial. Salah satunya adalah Argo Sasquatch.

Kendaraan multi medan yang memiliki kemampuan amfibi, ban besar berukuran 71 inci dengan model pikap untuk angkutan barang atau menjadi tempat tidur saat menjelajah.

Baca juga: Truk Hidrogen Hyundai XCient Diperkenalkan Pertama Kali Di Amerika Serikat

Dengan Sasquatch, Argo merilis monster rawa amfibi yang besar dan ban kembung, kali ini dengan "FlexBox" bergaya pikap. Perusahaan menunjukkan bahwa, tidak seperti seri Centaur, Sasquatch telah dirancang dan direkayasa sendiri dan sepenuhnya diproduksi di Amerika Utara.

Sasquatch memiliki panjang 4 m dan menggunakan ban Argo XT328 baru yang telah diuji secara ekstrim untuk performa mendaki, berenang, dan off-road yang maksimal. Argo menjelaskan bahwa pola tapak cupped-to-flat yang unik menghasilkan propulsi air yang lebih baik, cengkeraman sidehill, dan traksi ke mana saja.

Sasquatch menggendong mesin Doosan diesel turbo 3 silinder berkapasitas 1.800 cc yang dikawinkan dengan transmisi otomatis HDT e-Steer dari perusahaan induk Argo, yakni ODG. Pasangan ini menggunakan Sistem Penggerak Torsi Instan perusahaan untuk menghasilkan tumpukan torsi kelas bawah yang dibutuhkan pengemudi saat bekerja keras melalui medan yang bervariasi.

Menggunakan mesin diesel turbo 3 silinder

Sistem power steer-by-wire memberikan kontrol roda yang sudah dikenal dan mode putaran nol yang membuat roda luar bergerak maju sementara roda dalam mundur untuk memungkinkan Sasquatch berputar di tempatnya.

Sasquatch dapat mencapai kecepatan hingga 40 kpj di darat dan 6 kpj di air. Tingginya 3 m dan memiliki jarak bebas ke tanah 660 mm, menawarkan kemampuan untuk mendaki dan menuruni lereng hingga 35 derajat dan melintasi perbukitan hingga 30 derajat.

Bagian pikap Sasqatch untuk membawa bahan dan peralatan (FlexBox). Kotak ini dibuat untuk membawa peralatan berat dan dilengkapi pintu belakang ayun keluar, tangga akses lipat, lantai tertutup dengan dua colokan pembuangan, dan pengikat. Kotak penyimpanan samping yang dapat dikunci menawarkan penyimpanan aman seluas 108 liter, dan lampu LED 2.800 lumen memudahkan untuk menemukan barang dengan cepat dalam kegelapan.

Baca juga: Daimler Umumkan Rizon Sebagai Merek Truk Listrik

Atap dan samping menggunakan kaca untuk visibilitas yang lebih baik

Untuk kapasitas penumpang untuk 4 orang, Argo bermitra dengan perusahaan fabrikasi kabin Custom Products untuk membuat atap kabin yang terbuat dari kaca. Jendela di keempat sisi memberikan visibilitas yang lebih baik sambil menyaring sinar UV. Setiap kursi memiliki sabuk tiga titik, dan palka atap transparan darurat berada di atas kepala jika ada yang menyamping.

Selain menampilkan info kendaraan biasa, layar sentuh berwarna 12 inci milik Squatch menampilkan inclinometer dan kontrol untuk sistem pemompaan ban. Pengaturan ban satu sentuhan secara otomatis mengembang atau mengempiskan semua ban untuk opsi medan seperti lumpur, salju, dan air. Kontra mod interior lainnya termasuk sistem kontrol iklim, sistem audio Bluetooth dengan speaker overhead, dan tampilan kamera belakang.

Sasquatch adalah bagian dari jajaran kendaraan komersial Argo, yang dirancang lebih untuk mengangkut kru dan perlengkapan ke kamp kerja jarak jauh daripada untuk mengaduk-aduk dan berteriak melalui alam liar Kanada yang terdalam dan terbasah. Perusahaan belum mengungkapkan informasi harga tetapi berencana untuk merilis lebih banyak informasi saat mendekati peluncuran model musim gugur 2023.

Berita Terkait

Berita Terkait