Pilih Mana, Carbon Kevlar Atau Water Printing?

Pilih Mana, Carbon Kevlar atau Water Printing?

KabarOto.com – Akhir-akhir ini, penggunaan bahan karbon sedang ramai nih untuk mempercantik tampilan mobil atau motor sobat KabarOto. Ada yang menggunakan karbon asli, dan ada juga yang ingin tampilannya mirip karbon dengan menggunakan teknologi carbon printing.

Karbon terkenal ringan dan kuat, bahkan digunakan untuk mobil-mobil sport dan motor sport buatan pabrikan ternama.

Untuk membuat part terlihat ala carbon, ada beberapa bahan dan cara yang bisa dipilih nih, dengan melapis carbon kevlar dan water printing. Paling mudah, bisa aplikasikan komponen yang ingin ubah tampilannya dengan water printing biasanya metode ini biayanya relatif terjangkau dan cepat selesai.

Baca juga: Mau Upgrade Sistem Audio Mobil? Intip Nih Subwoofer Terbaru Dari Ground Zero

Tetapi untuk kedua metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan sob. Nah, kali ini KabarOto akan membahas perbandingan carbon kevlar dan water printing.

Anthonyou Martin selaku pemilik Triplenine Carbon, salah satu produsen part carbon kevlar menjelaskan perbedaan mengenai carbon kevlar dan water printing.

“Penggunaan carbon kevlar ini sebenarnya bisa untuk estetika dan melindungi part motor atau mobil tersebut, dan untuk water printing ini hanya untuk estetika saja dan tidak bisa melindungi part tersebut,” ujar Martin.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari kedua metode ini, pertama kita bahas kelebihan dan kekurangan dari carbon kevlar. Untuk kelebihan kevlar ini bisa melindungi part asli kendaraan dari lecet bahkan tabrakan yang tidak parah, dan lebih tahan lama.

Selain kelebihan pasti ada kekurangannya, jadi untuk pembuatan carbon kevlar ini butuh beberapa hari paling lama empat hari agar hasilnya maksimal, dan kalau sudah menjadi part carbon sayangnya tidak bisa dilepas lapisannya. Untuk Sobat KabarOto yang ingin membuat carbon kevlar harus bersabar untuk mendapatkan hasil carbon yang maksimal.

Sedangkan untuk carbon water printing, kelebihan paling utama yaitu hasilnya cepat selesai paling lama satu sampai dua hari, dan jika anda ingin mengembalikan seperti kondisi semula, anda bisa menghapus carbon printingnya lalu lakukan cat ulang. Kekurangan dari water printing ini adalah bisa pudar untuk beberapa tahun kedepan dan jika part terkena lecet atau tertabrak bisa pecah atau rusak.

Baca juga: Kendaraan Berumur 10++ Tahun Dilarang Melintas Di Jakarta, Komunitas: Polusi Bukan Dari Mobil Tua

“Iya kalau untuk melindungi kevlar bisa tapi kalau untuk tabrakan atau senggolan biasa pasti ada lecet nah lecetnya ini bisa kita amplas dan poles lagi. Berbeda dengan water printing kalau tabrakan ya kemungkinan pecah atau lecet, jadi water printing itu seperti cat. Jika ingin lecetnya hilang tidak bisa di poles, harus di celup ulang atau cat ulang,” ujar Martin.

Bicara soal harga Triplenine membuka harga mulai dari Rp 400 ribu berlaku untuk mobil dan motor. Triplenine Carbon, berlokasi di Perum 1B/BG 15 No. 17 Gading Serpong, Tangerang. Telepon/WA 0878-7608-8001 atau 0817-7127-77

Bagaimana Sobat KabarOto dengan perbandingan carbon kevlar dan water printing? (Rizky Hidayat).