POPULAR STORIES

Pilih Mana, Kawasaki Ninja ZX-25R Atau Honda CBR 250RR SP Quick Shifter?

Pilih Mana, Kawasaki Ninja ZX-25R atau Honda CBR 250RR SP Quick Shifter? Honda CBR250RR Quickshifter dan Kawasaki Ninja ZX-25R

KabarOto.com - Pabrikan motor asal Jepang mulai memasarkan motor-motor bergenre sport untuk para pencina balap. Di Indonesia sendiri, persaingan motor sport 250 cc terjadi antara Honda, Yamaha, dan Kawasaki. Masing-masing memiliki pasar sendiri, bahkan belum lama ini Yamaha R25 meluncurkan model barunya, pada saat itu Valentino Rossi dan Maverick Vinales mendampingi saat peluncuran motor tersebut.

Nah yang paling seru antara dua produk yang pertengahan 2020 ini merilis motor sport 250 cc, yaitu Kawasaki ZX-25 R yang mengusung mesin 250 cc empat silinder. Sementara itu, Honda menampilkan jagoannya yaitu Honda CBR 250RR SP Quick Shifter bermesin 2 silinder 250 cc.

Mana yang terbaik dari keduanya?

Baca Juga: Meski Lebih Mahal, Kawasaki Ninja ZX-25R SE Lebih Laris Dari Tipe Standar

Mesin

Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali dengan mesin 250 cc 4 silinder segaris, yang dapat memuntahkan tenaga maksimal 50,2 dk dan torsi 22,9 Nm pada putaran 14.500 rpm. Kawasaki mengklaim, di kelas 250 cc, motor pertama yang dibekali dengan clutchless upshift dan downshift, fungsinya untuk berakselerasi tanpa ada hentakan perpindahan gigi.

Kawasaki Ninja ZX-25R

Pengendaranya dapat memutar gas sesuka hati dengan bantuan fitur quick shifter. Fitur ini bekerja untuk membuat pengemudinya mengurangi dan menambah gigi tanpa harus menekan kopling. Untuk melakukan perpindahan gigi bisa terpantau melalui teknologi auto blipper, sehingga ban tidak akan bergeser dan entakan perpindahan gigi juga tidak terasa.

Sementara itu,Honda CBR250RR SP Quick Shifter diklaim sebagai supersport 250 cc 2-silinder yang terbaik di Indonesia. Honda CBR250RR SP Quick Shifter didukung dengan mesin 250cc 2-silinder DOHC 8-katup yang compact, menghasilkan tenaga maksimal 40 dk di putaran 13.000 rpm dan torsi maksimum 25 Nm di 11.000 rpm.

Honda CBR250RR Quickshifter

Butuh waktu 8,65 detik untuk mencapai jarak 200 m dan mampu mencapai kecepatan puncak hingga 172 kpj. Catatan waktu yang dites oleh Honda ini menjadikan motor ini sebagai varian baru Honda CBR yang memiliki performa tertinggi di kelas super sport 250 cc 2 silinder.

Teknologi Quick Shifter serta Assist/Slipper Clutch yang disematkan, digunakan juga pada motor balap di ajang MotoGP. Quick Shifter ini pertama kali disematkan untuk motor 250 cc 2 silinder.

Quick Shifter bisa melakukan perpindahan gigi dengan cepat tanpa menarik tuas kopling, sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi, tanpa ada jeda waktu saat menaikkan dan menurunkan gigi.

Kawasaki Ninja ZX-25R special edition

Sementara itu, Slipper Clutch fungsinya mencegah ban belakang selip yang disebabkan engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim, sehingga menambah kenyamanan berkendara.

Fitur Lainnya

Keunggulan lain yang dimiliki Kawasaki Ninja ZX-25R terdapat fitur traction control. Fitur ini akan menjaga rasio perputaran ban terhadap traksi ke aspal atau permukaan jalan. Mode Three-Rider Selectable yang ada pada motor ini menawarkan berbagai tingkat instruksi yang dapat dipilih sesuai dengan situasi riding.

Selain itu, ada juga pilihan mode full power atau low power yang membuat pengendara dapat mengatur aliran tenaga yang sesuai dengan keinginan. Full power untuk menikmati performa mesin 4 silinder yang alami penuh tenaga.

Honda CBR250RR Quickshifter

Baca Juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Resmi Meluncur, Harga Rp96 Juta

Sementara itu, low power bisa dioptimalkan jika kondisi cuaca kurang baik, seperti habis hujan atau kondisi jalan yang kurang bagus. Jika sudah mengendarainya, akan terasa perbedaannya. Fitur ini dapat dioperasikan dari tombol menu yang ada di batang kemudi bagian kiri. Kemudian informasinya bisa terlihat di layar spidometer di bawah informasi kecepatan.

Sementara Honda CBR250RR SP Quick Shifter memiliki 4 mode Quick Shifter yang dapat disesuaikan yaitu mode untuk menaikkan dan menurunkan gigi, menaikkan gigi saja, untuk menurunkan gigi saja dan mode Quick Shifter off. Mode Quick Shifter yang ada pada motor ini bisa mengikuti keinginan pengendaranya, sesuai dengan DNA Total Control yang diusungnya.

Semenara itu, Throttle By Wire yang dihadirkan untuk akselerasi halus dan stabil dan juga lebih presisi. Throttle By Wire ini dilengkapi riding mode selector, pengendaranya bisa menggunakannya diberbagai kondisi jalan, seperti sirkuit atau jalan raya perkotaan yang padat.

Harga

Kawasaki Ninja ZX-25R tipe standar dibanderol Rp 96.000.000, sementara itu, Special Edition Rp 112.900.000, kedua harga tersebut merupakan On The Road (OTR) DKI Jakarta. Motor ini sudah bisa dipesan di jaringan diler Kawasaki seluruh Indonesia.

Baca Juga: Lawan Kawasaki ZX-25R, Honda CBR250RR SP Quick Shifter Meluncur

Honda CBR250RR SP Quick Shifter sudah bisa dipesan di seluruh diler Honda Wing, dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp. 76.700.000 untuk warna Bravery Red Black. Sementara itu untuk pilihan warna Honda Racing Red dibanderol Rp. 77.300.000