POPULAR STORIES

Pilihan Mobil Listrik Yang Melantai Di GIIAS 2021

Pilihan Mobil Listrik yang Melantai di GIIAS 2021

KabarOto.com - Tren kendaraan listrik terus berkembang di seluruh dunia. Puncaknya, penjualan mobil bermesin konvensional di Indonesia akan berhenti pada tahun 2050. Beberapa pabrikan mobil tengah menyiapkan produk elektrifikasi, termasuk Hyundai yang paling gencar memperkenalkan produk barunya.

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 menjadi ajang unjuk gigi pabrikan mobil dunia. Diharapkan, masyarakat tertarik untuk menggunakan kendaraan ini.

KabarOto.com akan mengulas beberapa mobil listrik yang melantai di GIIAS 2021. Mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda membeli kendaraan ramah lingkungan.

Baca juga: Hyundai IONIQ 5 Diganjar Bintang 5 Euro NCAP

1. Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona Electric memiliki kapasitas hingga lima penumpang . setiap jok sudah dilengkapi seat belt yang proper. Apalagi untuk kursi depan sudah bisa diatur secara elektrik serta dilengkapi dengan heated and ventilated seat yang dapat mengalirkan udara hangat maupun dingin via sandaran kursi.

Soal performa, Hyundai Kona Electric dibekali dua jenis kapasitas baterai dengan motor elektrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM). Baterai pertama berkapasitas 39 kWh seperti yang dijual di Indonesia dan satu lagi baterai yang digunakan berkapasitas 64 kWh.

SUV kompak andalan PT Hyundai Motors Indonesia ini hanya tersedia satu varian saja dengan harga jual Rp 674.800.000. Kona Electric ini mendapat empat pilihan warna yakni Chalk White, Galatic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red.

2. Hyundai Ioniq

Hyundai Ioniq merupakan mobil listrik yang masuk ke segmen sedan. Baterai memiliki kapasitas 38,3 kWh. Dengan bantuan fitur e-motor, tenaga yang dihasilkan mencapai 133,28 dk dan torsi 295 Nm. Dengan pengisian cepat 100 kW, mencapai kapasitas 80 persen dalam waktu 54 menit. Sementara untuk tipe 50 kW, bisa terisi 80 persen dalam waktu 57 menit.

Hyundai Ioniq hadir dalam dua varian yakni yakni Prime dan Signature. Dijual dengan harga mulai Rp 624 juta - Rp 664 juta OTR.

3. Nissan Leaf

Mobil listrik ini menawarkan mulai dari desain, fitur dan diklaim memberikan kemudahan dalam hal pengisian daya baterai. mengusung desain yang ramping dengan tampilan yang tajam, dinamis dan aerodinamis.

Interiornya menyuguhkan tata letak yang terpusat pada pengemudi, dengan setir Flat-Bottom Sporty berlapis kulit dan dilengkapi tombol multifungsi. Panel instrument dengan layar 7 inci serta kursi berlapis kulit Alcantara mewah memberikan suasana ruang kabin yang senyap dan membuat ruang kabin semakin premium.

All New Nissan Leaf dibekali baterai lithium-ion 40 kWh yang memungkinkan kendaraan dapat menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC). Mobil ini diklaim mampu menempuh jarak 311 km atau lebih. Nissan Leaf sudah resmi dijual dengan banderol mulai dari harga Rp 649 juta - Rp 679 juta (OTR) DKI Jakarta.

4. Nissan Kicks e-Power

SUV Nissan Leaf juga hadir di GIIAS 2021. Nissan Kicks e-power merupakan mobil hybrid yang tidak dilengkapi slot charger. karena tenaga baterainya disupport oleh mesin bensin. Nissan Kicks diperkuat dengan tenaga motor EM57 dan mesin HR12 3-silinder 1.200 cc. Nissan mengklaim penggerak roda mobil ini beda dengan mobil hybrid konvensional, penggerak murni elektrik karena mesin konvensional hanya digunakan untuk mengisi listrik di baterai.

Mobil ini dijual Rp 449 juta on-the-road DKI Jakarta, disuguhkan empat pilihan warna eksterior yaitu dua pilihan warna two-tone, seperti Monarch Orange & Hitam dan Storm White dan Hitam. Serta dua pilihan warna mono-tone yang klasik, Gun Metallic dan Black Star.

5. MG 5 EV

Desain eksterior tidak terlalu sporty dan lebih mengedepankan kesan elegan, dengan perpaduan gril horizontal, dan lampu utama dan stop lamp didukung teknologi LED. Disandingkan dengan pelek multi palang ukuran 16 inci, finishing abu-abu, dibalut ban ukuran 205/60.

MG 5 EV mampu menempuh jarak sampai 380 km dengan kondisi baterai penuh. Kapasitas baterainya sebesar 50,3 kWh dan sudah tersertifikasi IP67 yang sudah tahan air dan debu. Motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor mampu menghasilkan tenaga sekitar 156 dk dan torsi maksimal 260 Nm.

Baca juga: Daftar Mobil Listrik Test Drive Di GIIAS 2021

Serta bisa berakselerasi dari diam ke 100 kpj dalam waktu 7,3 detik. Waktu pengisian juga cukup cepat, dari 0 hingga 80 persen hanya butuh waktu 40 menit dengan menggunakan koneksi CCS. MG belum memberikan harga pasti untuk mobil ini.