Pindad Maung 4x4 Bakal Diproduksi Massal Pertengahan Tahun, Ini Penjelasannya

Pindad Maung 4x4 Bakal Diproduksi Massal Pertengahan Tahun, Ini Penjelasannya

KabarOto.com - Kendaraan Taktis Ringan Maung 4X4 memang awalnya diproduksi khusus untuk militer, namun pihaknya berencana akan merilis versi sipilnya pada tahun ini.

Hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose pada Kamis kemarin (21/01). Abraham Mose menyampaikan bahwa Pindad berkomitmen masuk ke pasar komersil untuk kendaraan Maung versi sipil yang diperkirakan dirilis pada pertengahan 2021.

"Proses saat ini sedang memasuki tahapan persiapan komersialisasi dengan mengundang berbagai mitra termasuk ahli otomotif dan kolektor untuk berdiskusi lebih lanjut,” ujar Abraham Mose.

Baca Juga: Prabowo Jajal Pindad Maung, Kendaraan Taktis Militer 4x4 Buatan Lokal

Ia melanjutkan, tahapan perizinan untuk kendaraan versi sipil juga sedang dijajaki karena tentunya terdapat perbedaan dengan izin produksi kendaraan militer yang sudah didapatkan sebelumnya. Abraham Mose menjelaskan, tahapan produksi Maung versi sipil juga akan melibatkan ekosistem industri otomotif di dalam negeri.

Spesifikasi Maung versi sipil berbeda dengan versi militer, beberapa komponen keperluan militer tidak akan digunakan seperti bracket senjata, roll bar dan beberapa penyesuaian lainnya. Saat ini Pindad juga sedang melakukan tahap pengujian terhadap 10 pabrikan untuk dipilih mesin yang akan digunakan.

"Saya mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat dan media terhadap kendaraan Maung, dari awal kemunculannya untuk versi militer hingga versi sipilnya nanti. Maung versi sipil akan menjadi kendaraan pertama produksi Pindad yang dirilis di pasar komersil,” tambah Abraham Mose.

Baca Juga: Mengintip Kehebatan Komodo, Kendaraan Tempur Andalan TNI

Sistem pemesanan dan skema pembayaran akan disampaikan setelah semua persiapan komersialisasi Maung rampung dilaksanakan, mengingat tingginya minat masyarakat tidak menutup kemungkinan akan dibuka sistem Pre-Order.

Pindad juga saat ini masih dalam tahap pemenuhan Kendaraan Taktis Ringan Maung versi militer yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan.

Sebanyak 40 unit Maung telah dikirim dan diserahterimakan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa di Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan pada Rabu lalu (14/01).

40 unit Maung tersebut merupakan tahap pertama dari 500 unit Maung yang dipesan Kementerian Pertahanan.

Berita Terkait

Berita Terkait