POPULAR STORIES

Prabowo Jajal Pindad Maung, Kendaraan Taktis Militer 4x4 Buatan Lokal

Prabowo Jajal Pindad Maung, Kendaraan Taktis Militer 4x4 Buatan Lokal Prabowo menjajal Maung, buatan Pindad

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu, dalam rapat Kabinet terbatas, diunggah dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (9/7/2020), Presiden Joko Widodo marah besar kepada sejumlah pembantunya. Karena anggaran yang sudah diberikan tidak dibelanjakan dengan segera.

Dalam Rapat tersebut, Jokowi juga menyindir agar menteri-menterinya membelanjakan anggaran di dalam negeri saja, mengurangi impor dengan membeli produk-produk buatan Indonesia.

Dalam sindiran, Jokowi meminta Kementerian Pertahanan juga membeli perlengkapan di PT Dirgantara Indonesia (PT DI), beli di PT PAL yang bergerak di bidang industri galangan kapal. Sedangkan PT Pindad selama ini telah memproduksi sejumlah kendaraan taktis baik yang diperuntukkan bagi militer maupun kepolisian.

Baca Juga: Facelift Minor Jeep Compass, Ada Pilihan Mesin Paling Irit

Kendaraan Taktis Militer bernama Maung buatan lokal.

Di antara kendaraan itu adalah, Komodo 4×4 APC Police, Komodo 4X4 Recon, serta Mine Resistence APC Sanca 4×4. "Yang bayar di sini ya yang cash, cash, cash APBN. Beli produk dalam negeri, saya kira pak Menhan lebih mengetahui mengenai ini,” tegas Jokowi.

Usai diberi arahan oleh pemimpinnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pun memamerkan kendaraan taktis (Rantis) buatan PT Pindad. Kendaraan bernama “Maung” itu bahkan diuji dan dikemudikan langsung oleh Prabowo.

Dalam unggahan di akun instagramnya, Minggu (12/7), Prabowo menuliskan dirinya mencoba kendaraan taktis militer tersebut bersama tim Pindad. “Pada sore hari ini (Minggu, 12 Juli 2020, sore), saya dan tim dari Pindad mencoba kendaraan Rantis 4×4 yang kami beri nama Maung,” tulis Prabowo.

Prabowo saat menjajal maung Foto: Istimewa

Dia juga menegaaskan, jika Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alat utama sistem senjata (Alutsista) dalam negeri. “Serta mendukung program penelitian dan pengembangan, agar nantinya seluruh hasil produksi dalam negeri dapat mandiri secara utuh,” papar Prabowo.

Baca Juga: Jeep Gladiator 2021 Sudah Tersemat Mesin EcoDiesel Anyar

Namun Prabowo dan PT Pindad hanya menyampaikan lewat twitter dan instagramnya saja, tidak menampilkan informasi memberikan informasi secara rinci spesifikasi kendaraan taktis tersebut.

Meski dari gambar yang beredar terlihat sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) dengan sasis panjang, berpelek besar dengan balutan ban radial, over fender besar, dan disebut berpenggerak 4×4.