POPULAR STORIES

Pintu Geser Bermasalah, Ribuan Kia Carnival Ditarik Kembali

Pintu Geser Bermasalah, Ribuan Kia Carnival Ditarik Kembali Ribuan Kia Carnival 2022 ditarik kembali (Dok: Kia)

KabarOto.com – Ribuan Kia Carnival lansiran 2022 yang dipasarkan di Amerika Serikat ditarik kembali karena mengalami kerusakan di bagian pintu geser sisi penumpang.

Menurut keterangan pabrikan mobil asal Korea Selatan ini menginformasikan bahwa pegangan platik di dalam aktuator pelepas rakitan remote control pintu geser mungkin dibuat di luar spesifikasi oleh pemasok.

Dengan demikian, pengikatan antara drum dan penahan dapat menyebabkan gerendel sehingga menempel pada posisi terbuka. Jika ini terjadi, pintu tidak akan terkunci, artinya bisa terbuka sendiri saat mobil melaju.

Baca Juga : Ini Makna Logo Baru KIA Yang Diluncurkan Di GIIAS 2021

Ketika pintu bisa terbuka, Kia mencatat bahwa empat lonceng peringatan akan berdering jika pintu tidak menutup dengan benar saat mobil tidak bergerak. Jika pengemudi mengabaikan peringatan ini dan pengemudi lebih cepat dari 8 kpj, suara dering terus menerus akan berbunyi dan peringatan pintu terbuka akan tetap menyala di kluster instrumen.

Adanya kerusakan tersebut, sebanyak 2.956 unit Kia Carnival yang diproduksi antara 28 Juli 2021 dan 14 Oktober 2021, harus ditarik kembali.

Baca Juga : Kia Sonet Modifikasi Di GIIAS 2021, Karya Autospot Dan Concept Motorsport

Pemilik kendaraan yang terkena dampak akan diberitahu melalui surat pada 16 Desember 2021 dan diinstruksikan membawa kendaraan mereka ke diler resmi Kia, guna melakukan pergantian pada drum dan dudukan aktuator pelepas pintu geser dengan produk yang telah diproduksi sesuai spesifikasi.

Sebagai informasi, penarikan Kia Carnival ini bukan yang pertama. Sebelumnya, sebanyak 2.744 unit ditarik kembali karena mengalami masalah pada tabung rel bahan bakar yang rusak.