POPULAR STORIES

Pirelli Akan Memperkenalkan Ban 'Pintar'

Pirelli Akan Memperkenalkan Ban 'Pintar' Pirelli P Zero Colored Edition (MotorAuthority)

KabarOto.com – Inovasi teknologi ban saat ini sepertinya mulai memasuki babak baru, seperti yang dilakukan oleh Pirelli, ketika memperkenalkan ban 'pintar' karyanya.

Produsen ban asal Italia tersebut dikabarkan, akan memperkenalkan produk terbaru bernama Cyber Car. “Sebuah ban yang menghubungkan karet dengan mobil dan menyediakan banyak informasi serta data,” tulis Pirelli dalam rilisnya seperti dikutip dari MotorAuthority Selasa (20/3).

Cara Kerja Pirelli Cyber Car (MotorAuthority)


Pirelli mengklaim bahwa Cyber Car bisa menyampaikan informasi seperti tekanan udara, suhu, dan bobot kendaraan kepada pengemudi.

Semua informasi tersebut dikirim melalui sebuah sensor kecil yang bobotnya menurut Pirelli hanya kurang dari satu ons. Canggihnya, sensor ini tidak hanya mengirim data teknis, tapi juga akan membantu mobil melakukan penyesuaian terhadap karakter pengemudi.

Selain itu, ban dapat ‘berkomunikasi’ dengan mobil untuk mengaktifkan sistem kontrol ABS dan traksi saat diperlukan, berdasarkan identifikasi dari sensor.

Baca juga: Mobil Otonom Uber Memakan Korban Jiwa

Cyber Car juga dapat memberi tahu pengemudi informasi keausan tapak ban dan peringatan ketika ban perlu dilakukan rotasi.

Lebih lanjut Pirelli menjelaskan, selain mengirim data ke mobil, informasi dari ban juga akan masuk ke smartphone pengemudi melalui aplikasi Pirelli Cloud.