POPULAR STORIES

Platform Baru TNGA-B Untuk All New Toyota Yaris

Platform Baru TNGA-B untuk All New Toyota Yaris

KabarOto.com – Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa produk terbaru dari Toyota sekarang sudah memakai platform baru yaitu TNGA.

TNGA merupakan singkatan dari Toyota New Global Architecture menjadi standar baru yang digunakan untuk platform mobil–mobil Toyota terkini. Dilansir dari Autocar.in, baru–baru ini pihak Toyota menambah seri terbaru dan termungil dari platform TNGA yang diberi nama TNGA-B atau lebih ringkas disebut GA-B.

Sedikit sejarah, sebelum TNGA-B diperkenalkan beberapa hari lalu, status platfom paling mungil dari TNGA dipegang oleh TNGA-C. Mobil – mobil yang menggunakan TNGA-C adalah Toyota CH-R, Toyota Prius, dan Toyota Corolla terbaru, termasuk All New Toyota Corolla Altis yang baru saja diperkenalkan di Indonesia beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Yang Membuat Hot Wheels Porsche RWB Limited Edition Jadi Spesial!

Diatas platform tersebut ada lagi TNGA-K yang digunakan oleh Toyota Camry, Lexus ES dan RAV4. TNGA-N mengisi posisi yang lebih tinggi dan digunakan oleh Toyota Crown. Sedangkan untuk produk teranyar dari TNGA diisi oleh TNGA-L, digunakan oleh Lexus LC dan LS Series.

Kembali ke TNGA-B, nantinya platform baru ini akan memulai debutnya di Toyota Yaris generasi terbaru. Tetapi, Toyota Yaris ini hanya untuk pasar Eropa dan Jepang ya Sob. Memang berbeda dengan Toyota Yaris ‘Joker’ yang beredar di Indonesia saat ini, penggunaan TNGA-B juga memberikan penegasan bahwa Toyota CH-R dan Toyota Yaris menggunakan platform yang berbeda.

Baca juga: Inilah RWB Pertama Milik Akira Nakai

Jadi, Toyota CH-R bukan versi SUV dari Toyota Yaris, Toyota klaim bahwa TNGA-B akan memberikan sensasi berkendara yang confident dan natural. Selain itu, TNGA-B juga memiliki kelebihan dalam memaksimalkan ruang interior, yang terwujud berkat desain yang cukup cerdas. Jadi, tidak perlu terkejut jika mobil–mobil Toyota berbasis TNGA-B nantinya mempunyai ruang lega di kelasnya.

Desainer Toyota juga dimudahkan untuk mendesain produk baru berbasis TNGA-B karena fleksibilitasnya. TNGA-B bisa diubah–ubah ukuran wheelbase, ketinggian, hingga lebar track-nya. Sehingga, desainer bisa memproduksi lebih banyak jenis mobil baru dengan TNGA-B. Dan ada kemungkinan dari platform TNGA-B ini pihak Toyota bisa memproduksi mobil yang lebih pendek dengan bodi lebar.

Jadi bagaimana Sobat KabarOto dengan platform terbaru dari Toyota ini? (Rizky Hidayat)