POPULAR STORIES

PLN Bangun 21 SPKLU Di Bali, Dukung KTT G20

PLN Bangun 21 SPKLU di Bali, Dukung KTT G20 PLN Bangun 21 SPKLU

KabarOto.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Panitia oenyelenggara, rencananya akan menggunakan 500 unit mobil listrik untuk mendukung mobilitas peserta di sana.

Dalam hal itu, mereka menggunakan Hyundai Ioniq dan Genesis G80. Selain menyediakan mobil, Pemerintah bekerja sama dengan swasta untuk pengadaan fasilitas pengecasan baterai.

Baca juga: Mau Beli Mobil Listrik Jangan Khawatir, Sudah Ada 187 SPKLU Di Indonesia

PT PLN (Persero) siap membangun 21 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai lokasi strategis untuk menunjang penyelenggaraan KTT yang berlangsung di 2022.

Peresmian SPKLU di Bali

Pahala Nugraha, Wakil Menteri BUMN menjelaskan, PLN berupaya untuk mendorong ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia. "Terkait dengan pelaksanaan KTT G20 menjadi satu kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan pada dunia bahwa kita memang memiliki komitmen untuk mendorong penurunan emisi," jelasnya, Selasa kemarin (28/12).

Dia pun mengapresiasi PLN yang konsisten mempercepat pembangunan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia. Dia menuturkan, infrastruktur SPKLU ini penting untuk mendukung akselerasi kendaraan listrik di Indonesia.

Pahala mewakili Kementeriannya berharap, SPKLU ini bukan untuk kelancaran KTT G20 saja, namun untuk memicu dan mendorong mendorong masyarakat untuk menggunakan listrik.

Baca juga: PLN Cari Mitra Peluang Memperluas SPKLU

PLN juga berharap, ini bisa menjadi showcase penggunaan mobil listrik sebagai salah satu simbol tema utama G20, transisi ke energi bersih. Sekedar informasi, saat ini PLN sedang membangun 21 unit SPKLU bertipe fast charging untuk 15 shelter di Bali. Dari jumlah tersebut, fast charging yang akan dibangun sebanyak 12 unit 25 kilowatt (kW), dan sembilan unit lain menggunakan tipe 50 kW.