POPULAR STORIES

PLN Cari Mitra Peluang Memperluas SPKLU

PLN Cari Mitra Peluang Memperluas SPKLU

KabarOto.com - Semakin meningkatnya pengguna kendaraan listrik di Indonesia, membuat PLN harus banyak menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Tahun ini, perusahaan 'pelat merah' itu membuka peluang kerjasama untuk ikut membangun 101 SPKLU.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril menuturkan, peluang bisnis SPKLU memiliki prospek yang cukup menggiurkan, karena penjualan mobil listrik terus meningkat. Tahun 2020 saja, penjualan mobil listrik naik 46%, sementara konvensional menurun 14%.

Baca Juga: PLN Bangun SPKLU Di Indonesia Timur

“Tren kendaraan listrik membuka ruang dan peluang investasi baru di sektor pendukung transportasi," terang Bob Saril. Hasil riset juga menunjukkan minat masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik dinilai berada di atas rata-rata di kawasan Asia Tenggara.

Berdasarkan peta jalan yang disusun Kementerian ESDM, potensi jumlah kendaraan listrik di Indonesia pada tahun 2030 mencapai 2,2 juta mobil listrik dan 13 juta motor dengan 31.859 unit SPKLU.

Bob menyebut, PLN akan menyediakan Surat Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) milik PLN bagi badan usaha yang ingin bekerja sama, menyiapkan suplai listrik, serta dukungan aplikasi Charge.IN dalam pengelolaan SPKLU.

Baca Juga: Dukung Program Kendaraan Listrik, PLN Sudah Operasikan 20 Unit SPKLU

Sementara mitra menyediakan fasilitas isi daya kendaraan listrik, lahan maupun properti, serta bertanggung jawab atas biaya operasional, dan pemeliharaan SPKLU.

PLN juga saat ini sudah mengembangkan beberapa model bisnis untuk mendukung rencana kerja sama ini. Tujuannya untuk lebih atraktif serta efektif mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik.