POPULAR STORIES

PO Bus Ini Mengaku Siap Dengan New Normal

PO Bus Ini Mengaku Siap dengan New Normal

KabarOto.com - Pemerintah akan menerapkan kondisi New Normal, artinya masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa saat virus Corona atau Covid-19 belum hilang. Namun masyarakat harus memperhatikan protokol kesehatan yaitu menggnakan masker, cuci tangan, social distancing dan physical distancing.

Untuk angkutan penumpang seperti bus, mengangkut harus 50 persen dari kapasitas yang tersedia. Artinya ada jarak antar penumpang, tidak seperti biasanya yang saling berdekatan.

Baca Juga: Imbas Pelarangan Mudik, 1,3 Juta Crew Bus AKAP Tidak Bekerja Dan Butuh BLT

Salah satu Perusahaan bus yang sudah siap dengan New Normal adalah PO Juragan 99 Trans asal Malang, Jawa Timur. Perusahaan layanan bus pariwisata yang terkena dampak virus Corona, memiliki armada yang siap untuk digunakan pada masa New Normal. Perusahaan yang dipimpin oleh Gilang Widya Permana ini, mengubah pola operasional agar tetap memperhatikan protocol kesehatan.

Dia mengaku, punya armada baru yang didapat dari GIICOMVEC kemarin, Avante H8 hasil kolaborasi antara Mercedes-Benz dan karoseri Tentrem. "Dari kapasitas 50 kursi penumpang yang berjajar, bisa disesuaikan menjadi 25 penumpang, jadi hanya 50% dari kapasitas bus,” terang Gilang. Pengurangan kapasitas tersebut untuk mendukung physical distancing.

Meski sudah siap dengan New Normal, namun dia mengakui jika Pandemik Covid-19 ini sangat berdampak kepada bisnis layanan pariwisata yang sudah dibangunnya. Sudah satu bulan lebih armadanya sama sekali tidak beroperasi.

Baca Juga: Viral Penumpang Di Bagasi Bus AKAP, Ini Penjelasan Pengusaha Bus

Namun karena untuk menghindari gejolak di lingkungan kerja, dan percaya situasi akan kembali normal, perusahaan ini pun tidak merumahkan karyawannya.

“Kita tetap memberi perhatian kepada karyawan, namun tidak sebesar sebelum pandmik, kita berikan sembako dan THR,” tutup Gilang.