PO Putri Luragung Kuningan, Siap Operasikan Bus Legacy SR-2 HD Prime

PO Putri Luragung Kuningan, Siap Operasikan Bus Legacy SR-2 HD Prime Sasis Hino R260 di bus ini ditenagai mesin diesel enam silinder empat langkah segaris berkapasitas 7.684 cc model J08E-UF dilengkapi dengan turbo intercoooler (Foto: Laksana)

KabarOto.com - Perusahaan Otobus (PO) Putri Luragung yang berbasis di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, siap menjadi PO yang mengoperasikan bus model Legacy SR-2 HD Prime buatan Karoseri Laksana, Ungaran, Jawa Tengah.

Dalam foto-foto yang diunggah Karoseri Laksana di media sosial hari Senin (10/12/2018) kemarin, diperlihatkan sosok bus Putri Luragung model Legacy SR-2 HD Prime tersebut yang baru saja selesai diproduksi. Bus ini dicat dengan warna khas PO Luragung selama ini, yakni warna cerah kuning muda dengan tulisan Putri Luragung berwarna merah pada dinding bus.

Armada terbaru Putri Luragung ini masih dipercayakan kepada Hino R260 sebagai platform sasisnya. PO Luragung Group memang dikenal sebagai pengguna loyal bus lansiran Hino, setelah sebelumnya PO ini banyak menggunakan sasis Mitsubishi Fuso, saat merek ini masih memasarkan sasis bus besar.

Baca Juga: Keren, Mercedes-Benz Rilis 2 Bus Teranyar Di Tangerang

Dalam unggahannya, Karoseri Laksana mengklaim bodi bus Legacy Sky SR2 HD Prime PO Luragung Putri ini sudah memenuhi standar bodi roll UN ECE.R66, sehingga konstruksi bodi bus tetap kokoh meski bus terguling saat mengalami kecelakaan.

Armada terbaru ini sudah dilengkapi dengan AC. Penambahan wheel dop warna silver pada roda-rodanya serta pemasangan twin muffler pada lubang exhaust membuat penampilan bus ini terlihat elegan.

PO Luragung Putri selama ini melayani trayek bus antar kota antar provinsi (AKAP) dari Kabupaten Kuningan menuju Jabodetabek. Sasis Hino R260 di bus ini ditenagai mesin diesel 6 silinder, empat langkah segaris berkapasitas 7.684 cc, model J08E-UF dilengkapi turbo intercoooler yang ditempatkan di bagian belakang (rear engine).

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 260 dk pada 2.500 rpm dan torsi tertinggi 76 Nm pada 1.500 rpm. Untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang digunakan transmisi manual 6 percepatan maju MF06S. Kecepatan maksimum bus ini adalah 116 kpj, dengan daya tanjak 38 derajat.