Podium Tiga Pol Espargaro Harusnya Milik Joan Mir

Podium Tiga Pol Espargaro Harusnya Milik Joan Mir


KabarOto.com - Keseruan MotoGP Styria 2020 ternyata menjadi kekesalan salah satu pembalap Suzuki Ecstar. Sebab, akibat insiden terbakarnya motor Maverick Vinales, balapan harus dihentikan untuk restart.

Padahal Joan Mir sudah memimpin jauh melesatkan Suzuki GSX-RR dan podium kemenangan yang diidam-idamkan sudah di depan mata. Tapi apa daya, kibasan bendera merah mengsiyaratkan balapan harus masuk ke paddock di sisa 12 lap dari total 28 lap.

Baca juga: Terungkap! Ini Penyebab Masalah Rem Blong Motor Vinales



Penggantian salah satu ban oleh tiap pembalap membuat semangat baru bagi pembalap yang berusaha memperbaiki posisi dan mengejar poin.

Tapi sayangnya usai restart ban depan Mir yang sudah terkikis sangat mengganggu performanya mempertahankan posisi meski sudah start dari baris terdepan dan berakibat finis posisi empat.

Kekesalan timbul akibat penyelenggara lomba tidak memerhatikan manuver Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) yang melebar dan melewati track limit saat lap terahir tikungan terakhir race 2.

Seharusnya Pol turun satu posisi, persis seperti saat race 1 ketika Rins harus turun satu posisi akibat terlalu melebar melewati track limit.

"Keberuntungan tak ada di pihak saya, tapi diambil positifnya bahwa saya sangat kencang," hibur Mir.

"Sebenarnya di tikungan terakhir Pol melebar, melampaui track limit dan masih membuka gas. Saya tak melihat jelas tapi seharusnya dia terkena penalti oleh Race Direction karena perbuatannya," beber pembalap bernomor 36 ini.

Atas kejadian itu Mir sangat kecewa dan tak senang dengan konsistensi peraturan. Bahkan hal tersebut juga menjadi kekecewaan Manajer tim Suzuki Ecstar Davide Brivio.



"Dirinya memang finis posisi empat, tapi kita tak bisa senang dengan hasil akhirnya yang harusnya menjadi perhatian oleh Race Direction," bela Brivio.

Baca juga: Klasemen Sementara MotoGP 2020 Usai GP Styria

Dirinya menjelaskan peraturannya bahwa pembalap yang melewati garis track limit di lap terakhir harus turun satu posisi, kecuali ada alasan tertentu. "Dalam pandangan saya bila tak ada pembatas hijau tersebut Espargaro harusnya melakukan pengereman dan seharusnya bisa juga dilewati Joan."

Usai curhat, Brivio meredam emosi dengan melihat sisi positif bahwa bila tak ada insiden terbakarnya Yamaha M1 tunggangan Vinales kemungkinan Mir sudah di atas podium. Apalagi potensi GSX-RR sangat besar dilesatkan Mir dan Alex Rins.

Rehat dua pekan tanpa balapan, Suzuki Ecstar berharap dua seri di Misano dan Spanyol bulan September nanti bisa menjadi pemuas dahaga akan podium kemenangan.