Poin Lewis Hamilton Susul Max Verstappen, Terpaut Tipis!

Poin Lewis Hamilton Susul Max Verstappen, Terpaut Tipis! Sumber: Formula 1

KabarOto.com – Kemenangan di Rusia menjadi hal penting bagi Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas), selain mencatat rekor kemenangan ke-100, juara dunia tujuh kali juga menyalip poin dari Max Verstappen (Red Bull Racing) di klasemen sementara dengan 246,5 poin.

"Butuh waktu lama untuk mencapai 100 dan saya bahkan tidak yakin apakah itu akan datang atau tidak. Lando melakukan pekerjaan yang luar biasa. Dia memiliki kecepatan yang luar biasa. Dia melakukan pekerjaan yang hebat untuk McLaren," ujar Hamilton usai balapan.

Sementara Verstappen tampil memukau di sirkuit Sochi, start dari posisi paling bontot, pembalap Belanda itu berhasil finis kedua mengamankan poinnya agar tidak terlampau jauh dari Hamilton dengan 244,5 poin, hanya terpaut dua poin saja.

Baca juga: Lewis Hamilton Raih Juara Ke-100, Max Verstappen Bangkit dari Keterpurukan

Diposisi ketiga juga ada pembalap kedua Mercedes, Valtteri Bottas yang tak kalah mengesankan. Bottas seharusnya start dari posisi 6 jatuh ke posisi 16 akibat melakukan penggantian mesin. Namun pembalap Finlandia itu berhasil membuktikan dirinya pantas finis lima besar dan total poinnya sekarang 151 poin.

Paling sakit hati mungkin Lando Norris (McLaren) bagaimana tidak? Ia berhasil start paling pertama di Sochi, dominasinya selama balapan pun tetap terjaga hingga pada lap-lap terakhir, dan mendekati finis posisinya merosot ke-7. Sehingga total raihan poinnya sekarang 139 poin.

"Kami membuat keputusan, saya membuat keputusan yang saya buat dan kami jelas salah pada akhirnya, jadi keputusan yang sulit. Tapi di sisi positifnya, saya kira saya mendapat beberapa poin dan Daniel Ricciardo, yang finis P4 juga melakukan pekerjaan dengan baik, jadi bagi tim ini masih hari yang layak,” papar Norris.

Sergio Perez (Red Bull Racing) juga mendapat poin hiburan sebanyak dua poin setelah finis posisi 9, pembalap Meksiko itu mendapat total 120 poin. Diikuti duo Scuderia Ferrari pun saling menyusul memperebutkan posisi klasemen keenam dan tujuh, Carlos Sainz berhasil finis posisi 3 dan mendapat 15 poin tambahan, menyalip Charles Leclerc yang gagal mendapat poin setelah hanya finis posisi 15. Sainz mengumpulkan pundi-pundi 112,5 poin sementara Leclerc 104 poin.

Baca juga: Desain Diffuser Sharks Tooth Bantu Red Bull Racing jadi Lebih Cepat

Daniel Ricciardo (McLaren) finis keempat hasil yang sangat baik setelah tampil konsisten selama di Sochi, torehannya itu sedikit mempersempit posisinya dengan Charles Leclerc, pembalap Australia itu hanya terpaut 9 poin dibawahnya total 95 poin.

Pierre Gasly (AlphaTauri) juga gagal mendapat poin setelah hanya finis posisi 13. Diikuti oleh juru kunci 10 besar yaitu Fernando Alonso (Alpine) yang berhasil finis posisi 6 dan mengumpulkan 58 poin, mempertahankan posisinya.

Klasemen Sementara F1 2021 Setelah GP Rusia :