POPULAR STORIES

Pol Espargaro Jadi Saksi Kecelakaan Beruntun Di MotoGP Catalunya 2023

Pol Espargaro Jadi Saksi Kecelakaan Beruntun di MotoGP Catalunya 2023 Kecelakaan beruntun berawal dari manuver Enea Bastianini (Foto: MotoGP)

KabarOto.com - MotoGP Catalunya 2023 menyisakan banyak drama, salah satunya kecelakaan beruntun yang melibatkan lima pebalap lainnya. Pol Espargaro yang berada di belakangnya menceritakan kronologinya.

Kecelakaan terjadi berawal dari manuver Enea Bastianini yang berusaha untuk melesat ke depan, setelah lampu start berwarna hijau. Pebalap Ducati ini mengambil sisi dalam tikungan satu, namun motornya tidak bisa dikendalikan dan akhirnya terjatuh.

Parahnya, kecelakaan tersebut melibatkan pebalap lain, yakni Alex Marquez, Johann Zarco, Fabio Di Giannantonio, dan Marco Bezzecchi.

Baca Juga: Kondisi Terkini Francesco Bagnaia, Tidak Ada Patah Tulang

Bastianini belum berkomentar soal kecelakaan ini, tapi Pol Espargaro yang berada di belakangnya melihat langsung kecelakaan itu dan mengatakan itu disebabkan oleh human error.

Pol Espargaro

Melansir laman Motosan, Pol mengatakan bahwa ketika berada di posisi ini, Anda hanya memiliki sedikit ruang untuk bermanuver.

"Bastianini lebih cepat dari yang lain karena dia melakukan start dengan baik. Ketika dia mencoba untuk mengerem lebih lambat dari yang lain, di kehabisan ruang, karena terlalu banyak pebalap dengan kecepatan tinggi saat itu," jelas Pol.

Baca Juga: Klasemen Sementara MotoGP 2023 Setelah Seri Catalunya

Pol juga menjelaskan bahwa, "Banyak dari kita yang menggunakan ban medium baru dan pada lap pertama, ban cukup kritis dalam perubahan arah dan belokan kiri. Titik kritis lainnya adalah tikungan lima."

Akibat kecelakaan ini, Bastianini menderita patah tulang melleolus medial di pergelangan kaki kirinya serta patah tulang metakarpal di tangan kirinya. Bastianini pun diterbangkan kembali ke Italia untuk melakukan pemulihan.