POPULAR STORIES

Pola Sirkuit Jakarta International E-Prix Ternyata Mirip Bentuk Kuda Lumping

Pola Sirkuit Jakarta International E-Prix Ternyata Mirip Bentuk Kuda Lumping Layout sirkuit Jakarta E-Prix (Jakartaeprix)

KabarOto.com - Jakarta kembali dipercaya sebagai tuan rumah untuk balapan Formula E. Berbeda dari tahun lalu, kini Jakarta akan melangsungkan sekaligus dua babak yakni 10 dan 11 musim ini.

Balapan akan tetap berlangsung di sirkuit Ancol atau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Sekadar informasi, pembangunan JIEC termasuk sangat cepat, yakni kurang dari 60 hari. Serta jika Sobat KabarOto melihat dari kejauhan, sirkuit ini mengambil inspirasi dari bentuk Kuda Lumping.

Seperti kita tahu, kesenian tradisional asal Ponorogo, Jawa Timur ini akan membuat pelaku seni seperti kesurupan dan punya ketahanan tubuh yang luar biasa. Sama halnya dengan para pembalap Formula E ketika balapan, yang perlu stamina dan ketahanan luar biasa selama balapan.

Widi Amanasto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo saat itu mengatakan bahwa pola mirip kuda lumping didapat tanpa disengaja. "Bentuknya mirip kuda lumping itu accidental, bukan kita bentuk seperti kuda lumping, bukan. Tapi adalah accidental," jelas Widi kala itu.

Baca Juga : Kenalan Spesifikasi Mobil Formula E Gen 3

Selain itu panjang sirkuit ini sekitar 2,37 km dan dibekali sekitar 18 tikungan, dan sebuah lintasan lurus dengan panjang 600 meter. Aspal yang digunakan diklaim masih sama seperti aspal jalan raya pada umumnya.

Baca Juga : Mengenal Regulasi Formula E Musim Kesembilan

Tribun penonton juga dipasang di beberapa titik, dan mampu mencapai kapasitas penonton dalam sehari bisa mencapai 20.000 orang. Dengan dinding pembatas juga menggunakan 2 lapis dan pagar pembatas berstandar FIA.