Pompa Bahan Bakar Rusak, Toyota Avanza Kena "Recall"

Pompa Bahan Bakar Rusak, Toyota Avanza Kena "Recall"

KabarOto.com – Toyota Avanza yang dipasarkan di Negara tetangga, Malaysia, dilaporkan mengalami masalah di komponen pompa bahan bakar (fuel pump), sehingga dilakukan penarikan produk kembali “recall”.

UMW Toyota Motor Sdn Bhd selaku distributor Toyota Malaysia telah mengumumkan dan melakukan recall terhadap 3.923 unit Toyota Avanza yang diproduksi antara Oktober 2017 hingga Juni 2019.

Baca Juga : Ducati XDiavel Kena Recall, Motor Bisa Jatuh Sendiri

Menurut Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa pihaknya baru mendapatkan info dari Toyota Global, mereka mengumumkan adanya recall ini, di mana beberapa negara di Asia termasuk Indonesia termasuk, detailnya masih dipelajari.

“Saat ini kita sedang koordinasikan baik ke manufacturing dan juga pihak terkait seperti diler dan principal untuk tahu model apa saja yang terindikasi, berapa banyak di Indonesia, rata-rata ada di mana (konsumen), kesiapan part-nya dan lain lain untuk segera mengambil tindakan dan membuat program,” ucap Anton Jimmi saat dihubungi Kabaroto, Senin (8/3).

Baca Juga : Tesla Kena Recall Lagi, 158 Ribu Mobil Ditarik

Sebagai informasi, Toyota Avanza yang di ekspor ke Malaysia merupakan produksi dari Astra Daihatsu Motor (ADM) yang juga memproduksi Daihatsu Xenia.

Saat dihubungi KabarOto, Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra mengatakan pihaknya baru akan memberikan keterangan resminya di konferensi pers yang rencananya digelar 18 atau 19 Maret.

Hingga saat ini, belum dapat dikonfirmasi berapa banyak Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang dipasarkan di Indonesia yang terkena dampak kerusakan pada pompa bahan bakar.