POPULAR STORIES

Porsche 911 Carrera T, Menonjolkan Gaya Mengemudi Sporty

Porsche 911 Carrera T, Menonjolkan Gaya Mengemudi Sporty Foto: Porsche

KabarOto.com - Porsche menambah keluarga 911 dengan mobil sport ringan, 911 Carrera T. Huruf "T" adalah singkatan dari touring dan menggambarkan model yang menawarkan pengalaman berkendara yang murni dengan peralatan yang sangat sporty.

911 T standar dilengkapi dengan gearbox manual 7 kecepatan, juga otomatis PDK 8 kecepatan juga tersedia. Kursi belakang dihilangkan. Menampilkan suspensi sport PASM dengan penurunan 10 mm dan insulasi yang dikurangi, 911 Carrera T yang baru adalah lambang kemurnian dan kenikmatan berkendara yang menggembirakan.

Slot 911 Carrera T yang baru berada di antara 911 Carrera dan 911 Carrera S. Porsche 911 Carrera T mengambil mesin biturbo dengan 380 dk dan torsi 450 Nm, dan yang mempercepat mobil sport ini dari nol hingga 100 kpj dalam 4,5 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 291 kpj, dari entry-level 911.

Baca juga: Porsche World Road Show Kembali Ke Indonesia, Setelah Vakum Hampir 8 Tahun

Perlengkapan dari Carrera S dengan transmisi manual ditambah dengan Porsche Torque Vectoring (PTV) dengan kunci diferensial belakang mekanis. 911 Carrera T juga hadir dengan paket Sport Chrono dan suspensi sport PASM (-10 mm), fitur yang hanya ditawarkan oleh Carrera T dalam kombinasi dengan mesin 380 dk. Ini tersedia sebagai opsi di 911 Carrera S. Berdasarkan permintaan, Carrera T juga dapat dipesan dengan kemudi gandar belakang opsional, yang juga biasanya disediakan untuk model dari Carrera S dan yang lebih baru.

Fitur peralatan khusus T termasuk pelek Titanium Grey Carrera S 20 dan 21 inci masing-masing di depan dan belakang, dengan ban berukuran 245/35 (depan) dan 305/30 (belakang). 911 Carrera T juga hadir dengan setir model sport GT, sistem knalpot sport, dan Sports Seats Plus (empat arah, elektrik).

Dengan berat hanya 1.470 kg, 911 Carrera T dengan transmisi manual merupakan seri 911 paling ringan dengan mesin entry-level, dengan bobot 35 kg lebih ringan dari 911 Carrera dengan PDK 8 kecepatan. Di 911 Carrera, transmisi manual tidak lagi tersedia. Di luar kursi belakang yang dihilangkan dan insulasi yang dikurangi, kaca yang ringan dan baterai yang ringan mengurangi bobot lebih banyak lagi.

Penamaan T pada model Porsche 911 Carrera T adalah singkatan dari tur dan menelusuri sejarahnya kembali ke homologasi 911 T sebagai mobil touring pada tahun 1968. 911 T pertama ini ditawarkan hingga tahun 1973, dan pada tahun 2017 Porsche dihidupkan kembali varian 911 murni dengan 911 Carrera T dari generasi 991. Sejak saat itu, konsep pengaturan stripped-down, namun sangat sporty telah berhasil dibawa ke lini model lain dengan 718 Cayman T, 718 Boxster T, dan Macan T.

Di bagian eksterior, Porsche 911 Carrera T menonjol dari jajaran model lainnya dengan detail aksen Dark Grey. Elemen kontras seperti trim atas dan bawah pada kaca spion eksterior, logo pintu baru dan logo belakang, serta strip trim pada gril penutup belakang menampilkan Agate Grey. Kaca depan juga dilengkapi warna abu-abu. Pipa knalpot sport exhaust system berwarna hitam mengkilap. Itu semua memberi 911 Carrera T baru tampilan yang lebih terbuka dan dinamis.

Kesan sporty mobil ini ditegaskan di bagian interior dengan Sports Seats Plus empat arah standar. Trim dekoratif dalam warna hitam matte dan inlay dekoratif dalam warna hitam mengkilap di bagian interior T. Pelanggan yang mencari kekhasan lebih dapat memilih paket interior Carrera T opsional.

Baca juga: Porsche Vision 357, Mobil Konsep Bentuk Penghormatan

Dalam hal ini, mereka menerima sabuk pengaman tambahan dengan warna kontras Slate Grey atau Lizard Green. Hal yang sama berlaku untuk jahitan dekoratif, logo 911 timbul di sandaran kepala dan garis-garis di tengah kursi. Keset lantai juga menawarkan logo dan jahitan dengan warna kontras Lizard Green dan Slate Grey sebagai pilihan.

Porsche 911 Carrera T menawarkan Adaptive Sports Seats Plus opsional (18-way, electric) serta kursi full bucket yang lebih sporty dan sangat ringan dengan pusat kursi Race Tex. Paket interior Carrera T ditawarkan dengan interior kulit tambahan opsional. Sandaran tangan di panel pintu dan konsol tengah juga terbuat dari kulit, bersama dengan bagian atas dasbor dan trim panel pintu.

911 Carrera T baru tersedia dalam 4 warna solid Hitam, Putih, Merah Pengawal dan Kuning Balap serta dalam empat lapisan metalik Hitam Tua, Biru Gentian, Abu-abu Es dan Perak GT. Warna spesial yang tersedia adalah Chalk, Ruby Star Neo, Carmine Red, Shark Blue dan Python Green. Pembeli 911 Carrera T juga memiliki pilihan untuk menggunakan program Paint to Sample, yang menawarkan pengecatan dalam lebih dari 110 nada warna yang tersedia.

Porsche 911 Carrera T akan dijual ke diler pada Februari 2023. Harga di Jerman mulai dari €123.845 (sekitar Rp 1,99 miliar) termasuk PPN dan peralatan khusus negara.