POPULAR STORIES

Porsche 911 GT3 Pertajam Kecepatan Waktu Di Sirkuit Nuerburgring

Porsche 911 GT3 Pertajam Kecepatan Waktu di Sirkuit Nuerburgring The New Porsche 911 GT3 melakukan uji coba kecepatan mesin dilintasan sirkut balap Nuerburgring, Jerman,

Kabaroto.com - Mobil supercar The New Porsche 911 GT3, menorehkan catatan waktu 7 menit 12,7 detik untuk melalap lintasan sirkut balap Nuerburgring, Jerman, yang memiliki panjang 5.148 km. Catatan waktu ini lebih tajam 12,3 detik dibandingkan dengan model sebelumnya. Demikian dilaporkan newsroom.porsche,com, Sabtu (6/5).

Uji coba ini dilakukan untuk menguji peningkatan kualitas berkendara The New Porsche 911 GT3 yang mendapat sedikit tambahan performa mesin.

Perlu diketahui, saat kali pertama diluncurkan, dapur pacu supercar ini menggendong mesin berkapasitas 4 liter yang ditopang teknologi Naturally Aspirated yang punya 6 silinder untuk mendukung versi kecepatan.

Dengan kapasitas dapur pacu tersebut, pada putaran mesin sebesar 8800 RPM akan muncul tenaga sebesar 500 hp dengan capaian akselerasi 0—100 Km dalam 3,4 detik. Kecepatan maksimal mobil ini mencapai 318 Kmpj dengan putaran torsi maksimal 460 Nm.

“Fokus kami dalam pembaruan mobi ini memang untuk meningkatkan kualitas berkendara dan juga sedikit tambahan performa mesin,” kata Vice President Motorsport and GT Porsche, Frank-Steffen Walliser.

Sementara itu, Director GT Product Line Andreas Preuninger mengatakan, waktu putaran lap yang dicapai 911 GT3 beberapa tahun lalu hanya bisa dicapai oleh mobil yang memang didesain untuk arena balap.

Namun begitu, lanjutnya, “Meski GT3 adalah mobil dengan performa mesin balap, kendaraan ini tetap masih bisa cocok untuk kebutuhan sehari-hari.”

Sedikit tambahan, Sirkuit Nuerburgring yang menjadi tempat uji coba The New Porsche 911 GT3 adalah satu dari tujuh sirkuit di dunia yang dianggap mematikan. Sirkuit yang dijuluki “The Green Hell” itu kerap memunculkan kecelakaan.

Salah satu kecelakaan yang paling banyak diingat adalah legenda F1 Niki Lauda yang mengalami kecelakaan di lintasan ini pada 1976 yang mengakibatkan luka bakar di kepala .

Saat ini Sirkuit Nuerburgring sudah ditinggalkan oleh ajang F1. Otoritas F1 lebih memilih Sirkuit Hockenheim sebagai tempat penyelenggaraan F1 di Jerman.