POPULAR STORIES

Porsche 911 GT3 R Rennsport, Hanya Diproduksi 77 Unit Di Seluruh Dunia

Porsche 911 GT3 R Rennsport, Hanya Diproduksi 77 Unit di Seluruh Dunia Porsche 911 GT3 R Rennsport, Hanya Diproduksi 77 Unit di Seluruh Dunia (Porsche AG)

KabarOto.com - Porsche 911 GT3 R Rennsport bakal diperkenalkan segera di ajang penggemar mobil olahraga dan kolektor pada Rennsport Reunion 7, yang akan diadakan di WeatherTech Raceway Laguna Seca.

Porsche 911 GT3 R rennsport menggabungkan penampilan kuat mobil kompetisi berkinerja tinggi dengan elemen desain modern. Pada saat yang sama, ini menghormati sejarah motorsport produsen mobil olahraga tanpa terjebak dalam tampilan retro.

"Kami akan mempersembahkannya kepada komunitas penggemar Porsche yang besar di Rennsport Reunion 7 di Laguna Seca. Ini adalah tawaran eksklusif bagi pelanggan kami yang benar-benar hanya memiliki edisi terbatas sebanyak 77 unit," ujar sang perancang yakni Grant Larson dan Thorsten Klein dari tim Style Porsche.

Secara umum, hanya kap mesin dan atap yang diambil dari GT3 R standar. Semua elemen bodi lainnya telah diubah. Larson dan timnya telah mengadopsi sebagian besar geometri hidung kendaraan yang dioptimalkan secara aerodinamis, termasuk intake dan saluran udara pendingin.

Baca Juga: Tahap Uji Final, Porsche Panamera Terbaru Bakal Debut Perdana Di Dubai Akhir Tahun Ini

Spion eksterior konvensional telah dihilangkan dan digantikan oleh digital. Sistem yang terdiri dari tiga kamera yang terintegrasi ke bodi luar kendaraan dan monitor di kokpit sekarang melakukan tugas ini.

Modifikasi pada bagian belakang mobil balap memiliki karakter yang sangat khas. Sayap belakang yang besar adalah komponen dominan yang menghadap aliran udara. Desainnya mengingatkan pada Porsche 935/77 legendaris, ketika Peter Gregg dari Amerika, bersama dengan Toine Hezemans dari Belanda dan Rolf Stommelen dari Jerman, meraih kemenangan keseluruhan ketujuh untuk Porsche di 24 Jam Daytona pada tahun 1978.

Semua fitur keselamatan sesuai dengan standar FIA yang berlaku. Desain roll cage yang sangat kaku, "rennsport" edisi terbatas ini adalah mobil balap single seat.

Baca Juga: Intip Keindahan Porsche 718 Cayman GT4 RS Tag Heuer Panamericana

Pelek 18 inci dari BBS desain eksklusif mereka juga menjadi daya tarik. Mereka menggabungkan semua persyaratan teknis yang harus dipenuhi oleh roda kompetisi dengan penguncian sentral. Porsche Motorsport memberi warna Dark Silver Metallic sebagai standar.

Mesin boxer 6 silinder berkapasitas 4.200 cc dari 911 GT3 R spanggup 'teriak' hingga 9.400 rpm. Mesinnya diklaim menghasilkan daya output hingga 611,5 dk, didasarkan pada 911 GT3 R baru dari generasi 992, yang hanya diproduksi terbatas sebanyak 77 unit.

Tenaga tersebut disallurkan ke roda melalui transmisi constant-mesh gearbox dengan 6 tingkat percepatan. Perpindahan gigi dilakukan melalui paddle di setir yang mengontrol aktuator pergeseran gigi elektronik. Rasio transmisi gigi keempat, kelima, dan keenam ke depan sesuai dengan pengaturan Daytona mobil balap GT3. Pada gigi keenam, dengan putaran mesin 9.000 rpm, mobil ini memiliki kecepatan tertinggi yang sekitar 20 kph lebih tinggi dibandingkan dengan rasio gigi homologasi FIA yang lebih pendek dari GT3 R.