POPULAR STORIES

Porsche Cayenne Coupe Turbo GT 2022, Tenaga 631 Dk!

Porsche Cayenne Coupe Turbo GT 2022, Tenaga 631 dk! Sumber Foto : Porsche

KabarOto.com – Pabrikan mobil asal Jerman, resmi meluncurkan varian tercepat dari Porsche Cayenne Coupe yakni Turbo GT.

Varian ini meluncur usai memecahkan rekor SUV tercepat di Sirkuit Nurburgring Nordschleife. Varian baru ini mampu mencetak waktu 7:38,9 detik di trek sepanjang 12,9 mil atau 20,7 km tersebut.

Hasil tersebut bisa diraih berkat penggunaan mesin V8 twin-turbo berkapasitas 4.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 631 dk dengan torsi 849 Nm. Alias tenaga ini lebih besar 90 dk dan torsi 80 Nm dari Cayenne Turbo Coupe.

Baca Juga : Porsche 911 GT3 Touring Meluncur, Tenaga Mencapai 510 Dk

Tentu mesin ini sudah mendapatkan peningkatkan dengan menggunakan poros engkol (crankshaft), piston, rod penghubung, timing chain baru dan roda kompresor turbo yang lebih besar. Tenaganya disalurkan melalui transmisi otomatis 8 percepatan dimodifikasi, membuat perpindahan gigi lebih cepat.

Selain tenaga ekstra, Porsche Cayenne Turbo GT memiliki suspensi lebih rendah 17 mm dan suspensi udara tiga mode, 15% lebih kaku, tergantung pada mode yang dipilih. Selain itu, sistem pengaturan active suspension management, kontrol sasis dinamis, dan vektor torsi juga mendapatkan penyesuaian untuk varian ini.

SUV ini menggunakan pelek model baru ukuran 22 inci dengan finishing warna emas. Pelek ini dibalut ban Pirelli P Zero Corsa. Untuk mengimbangi performa, rem berbahan ceramic-composite menjadi standar dengan ukuran 440 mm di depan dan 410 mm untuk belakang.

Baca Juga : Porsche Cayenne Turbo Coupe, Tambun Tapi Cepat Di Nurburgring Nordschleife

Dari hasil kombinasi performa mesin dan kaki-kaki tersebut, SUV ini mampu berakselerasi 0-100 kpj tuntas dalam 3,1 detik saja dan mampu meraih top speed 299 kpj tuntas dalam 11,6 detik saja.

Bicara soal tampilan, bagian fasia depan berbeda dengan intake lebih besar pada bagian sampin dan lower lip yang lebih menonjol. Bagian atap ada penutup diffuser belakang dan pelat samping untuk spoiler belakang ini berbahan serat karbon.

Bagian belakangnya, sepasang sistem pembuangan berbentuk oval di bagian tengah. Bagian pipanya terbuat dari bahan titanium. Bobot mobil ini juga lebih ringan 18 kg dibandingkan varian lainnya.

Baca Juga : Porsche Berencana Produksi Baterai Mobil Listrik Berkinerja Tinggi

Tampilan kursi belakang

Melirik ke interior, SUV ini hanya berkapasitas 4 orang saja. Semua bagian interior didominasi warna Neodyme atau Artic Grey dari bahan Alcantara. Tidak lupa, ada embos Turbo GT di setiap sandaran kepala dengan warna kuning. Sistem hiburannya sudah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay.

Bicara soal harga, Porsche Cayenne Coupe Turbo GT 2022 dibanderol USD182.150 atau setara Rp 2,6 miliar. Varian baru ini akan hadir di Amerika Serikat pada awal 2022 mendatang.