Porsche dan Mercedes Ikut Formula E Musim Depan

Enrico
Enrico 12 Apr 2018 - 09:00
Porsche dan Mercedes  Ikut Formula E Musim Depan
Porsche dan Mercedes akan Ikut Formula E Musim Depan (Carscoops)

KabarOto.com - Federasi Otomotif Internasional, FIA, merilis daftar lengkap peserta kejuaraan Formula E musim 2019/2020. Dalam deretan daftar tersebut, terdapat dua nama pabrikan, Porsche serta Mercedes.

Dilansir Carscoops, Rabu (11/4/2018), kedua pabrikan mobil asal Jerman ini telah menyatakan keikutsertaannya dalam kejuaraan yang sudah digelar sejak Juli tahun lalu.

Kehadiraan mereka pada kejuaraan tersebut bukanlah tanpa pengorbanan seperti yang dilakukan Porsche dengan mengorbankan program prototipe Le Mans, sementara Mercedes menghentikan program DTM (bukan pada tim F1) untuk bergabung pada kejuaraan seri mobil listrik ini.

"Jika Anda mengatakan kepada saya bahwa kami memiliki tujuan ganda dengan hadirnya pabrikan mobil terbesar dan terkenal di dunia otomotif pada kejuaraan ini, saya katakan itu sangatlah gila. Tapi ini kenyataannya sekarang," kata Chief Series, Alejandro Agag.

Baca Juga : Audi e-Tron, Mobil Balap Virtual yang Hadir dalam Wujud Nyata

Audi, BMW, Jaguar Sudah Terdaftar

Sebagai pabrikan yang baru ikut bergabung dalam seri ini, kedua perusahaan asal Stuttgart ini akan bersaing dengan saingan mereka seperti Audi dan BMW serta Jaguar. Ada juga tim Dragon Racing yang dijalankan oleh putra dari Roger, Jay Penske yang saat ini dikenal dengan nama Penske Autosport, serta start-up kendaraan listrik NextEV dan Venturi yang terus mendukung tim mereka.

Mobil Formula E Generasi kedua (Carscoops)

Sebelas pabrikan yang berpartisipasi akan bertanggung jawab dalam pengembagan powertrain mereka, meskipun baterai dan sasis desain baru akan disediakan. Itu juga termasuk motor listrik, inverter, sistem rem by wire, transmisi, diferensial, driveshafts, sistem pendingin, ECU dan suspensi belakang.

"Formula E merupakan usaha awal yang menarik di mana akan menawarkan format baru, penggabungan antara balapan dengan karakter acara yang kuat serta menjadi ajang promosi teknologi saat ini dan masa depan," kata Kepala Balap Mercedes, Toto Wolff.

"Elektrifikasi sedang terjadi di dunia mobil jalan raya dan Formula E di mana para pabrikan akan menawarkan platform yang menarik guna menghadirkan teknologi baru ke penonton dengan melakukannya lewat jenis balapan yang benar-benar baru dan berbeda dari seri lainnya.

"Selama beberapa tahun terakhir, FIA dan Alejandro Agag telah melakukan pekerjaan yang fantastis," tambah Frizt Enzinger, Porsche. "Karena perkembangan ini kita akan dapat bersaing di trek balap melawan banyak produsen mobil terbesar di dunia."

Editor : ballian