POPULAR STORIES

Porsche Luncurkan Macan S Terbaru, Tenaganya Lebih Buas!

Porsche Luncurkan Macan S Terbaru, Tenaganya Lebih Buas! Porsche Macan S (Porsche)

KabarOto.com - Produsen mobil asal Jerman, Porsche, dikabarkan telah merilis model baru dari sport utility vehicle andalan mereka, Macan. SUV yang namanya diambil dari sebutan nama hewan di Indonesia tersebut, telah mengalami penyegaran pada tampilan eksterior, dan juga dapur pacu.

Porsche mengatakan, bahwa Macan S terbaru ini diklaim memiliki tenaga yang lebih kuat, dengan penggunaan mesin 3.0 liter V6 sanggup menghasilkan tenaga 354 dk dan torsi 480 Nm. Tenaga tersebut naik sebesar 14 dk dan 20 Nm dibandingkan dengan model sebelumnya.

Porsche juga melakukan revisi pada bagian turbochargernya, yang kini posisinya dipindahkan ke bagian dalam 'V' dan perubahan geometri ruang pembakaran. Hasilnya, dapat menghasilkan jalur gas buang yang lebih pendek sehingga makin responsif.

Macan S baru, dengan tenaga lebih besar

Dengan mesin bertenaga buas tersebut, dan dalam posisi fitur sport chrono aktif, Macan S dapat melakukan akselerasi dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu 5,1 detik. Bila pedal gas terus diinjak lebih dalam, mobil ini dapat mencapai kecepatan tertinggi 254 kpj.

Baca Juga: Profil Mercedes-Benz C 300 AMG Line

Tenaga dari mesin tersebut disalurkan ke seluruh roda melalui transmisi PDK dual-clucth otomatis tiga percepatan PDK dual-clutch. Punya tenaga yang besar terasa kurang, bila tidak diimbangi dengan sistem pengereman yang baik.

Untuk itu Porsche juga melakukan perubahan pada sistem pengereman Macan S. Bagian paling menonjol adalah cakram rem depan yang lebih besar hingga 10 mm dengan diameter 360 mm.

Bagian belakang terlihat sporty

Tak hanya diameternya yang lebih besar, cakram rem tersebut juga 2 mm lebih tebal dengan ketebalan hingga 36 mm. Sedangkan untuk kampas remnya, Porsche mengklaim material yang digunakan sekarang bebas tembaga, dengan sistem Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB).

Meski tenaga dan kemampuan akselerasinya mumpuni, nyatanya Macan S tetap efisien dalam penggunaan bahan bakar. Dari hasil pengujian yang dilakukan Porsche, Macan S mengkonsumsi 1 liter bensin untuk dapat menempuh jarak 11 km.

Bagian interior tak banyak perubahan berarti

Perubahan lainnya terletak pada sambungan sasis, serta komponen suspensi. Untuk as roda depan, saat ini terbuat dari aluminium bukan dari baja seperti pada generasi sebelumnya, sehingga lebih kaku (rigid) dan menghasilkan hadling yang lebih baik.

Baca Juga: Galery Porsche 993 RWB 007

Pada bagian interior, secara umum masih terlihat sama dengan generasi sebelumnya, namun Porsche menyematkan beberapa hal baru. di antaranya sistem Porsche Communication Management baru dengan layar sentuh 10,9 inci, hotspot Wi-Fi serta layanan Porsche Connect.