Porsche Panamera Terbaru, Fokus Ke Performa

Porsche Panamera Terbaru, Fokus ke Performa Sumber Foto : Porsche

KabarOto.com – Generasi kedua Porsche Panamera sudah berumur empat tahun, akhirnya mendapatkan sedikit perubahan. Hal ini berlaku untuk semua varian, mulai dari standar maupun Sport Turismo.

Tapi ternyata Sobat KabarOto, Panamera terbaru ini tidak mendapatkan ubahan ekstrem pada eksterior maupun interior. Namun, fokus utama ubahan Panamera ini di bagian performa.

Baca Juga : Porsche Panamera Turbo 2021 Ukir Rekor Baru Di Sirkuit Nurburgring

Di bagian eksterior sendiri terbilang ubahannya sangat minim, terlihat bumper depan mengadopsi gaya baru di intake. Sepintas mirip dengan wajah 718 GTS, ubahan yang cukup signifikan adalah garis desain baru LED DRL mengitari intake.

Lalu terdapat opsi tampilan SportDesign Package yang memberikan penampilan lebih sporty. Paket ini mengemas intake depan lebih besar. Opsi ini menjadi standar untuk varian Panamera Turbo S, lalu lampu belakang ada sedikit revisi strip LED-nya dan diberikan aksen smoked. Lalu penggunaan pelek baru dengan opsi ukuran 20 dan 21 inci.

Lalu di interiornya, tidak banyak ubahan yang signifikan. Lingkar setir model sport, sementara untuk varian Turbo S menggunakan model GT Sport berikut dengan paddle shift untuk semua varian. Bagian headunit ukuran 12,3 inci lengkap, bernavigasi satelit dan Wi-Fi hotspot. Unit ini tersambung dengan audio premium lansiran Bose.

Porsche Panamera Turbo S terbaru ini, baru saja memecahkan rekor di Nurburgring berkat peningkatan pada mesin. Andalkan mesin 4.000 cc V8 twin-turbo, varian ini dapat menghasilkan tenaga hingga 621 dk dan torsi 800 Nm. Tenaga ini lebih besar 79 dk dan 50 Nm dari versi sebelumnya. Dari hasil tes 0-100 kpj tuntas dalam 3,1 detik saja.

Lalu, untuk varian Panamera 4S E-Hybrid (PHEV) yang menggabungkan mesin 2.900 cc, V6 twin-turbo dengan motor listrik. Dari kombinasi tenaga mesin dan motor listrik mampu menghasilkan 552 dk dan torsi 750 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda dan disambung ke transmisi kopling ganda 8 percepatan.

Sementara untuk varian GTS, menggunakan mesin yang sama dengan Turbo S. Yaitu unit 4.000 cc, V8 namun dengan output tenaga yang lebih kecil yaitu 473 dk dan torsi 620 Nm. Sedangkan, untuk varian entry level Panamera dan Panamera S menggunakan unit 2.900, V6 bi-turbo dengan output tenaga 325 dk dan torsi 450 Nm.

Tidak hanya itu, pihak Porsche sudah merevisi pengendaraan untuk pengalaman berkendara yang lebih baik. Sistem Porsche Active Suspension management (PASM) sudah direvisi untuk peredaman lebih nyaman dan mengurangi gejala body roll.

Panamera 4S E-Hybrid

Baca Juga : Tampilan Agresif Porsche Taycan Garapan Prior Design

Untuk fitur keselamatan lainnya, seluruh varian Panamera sudah dilengkapi Lane Keep Assist and Traffic Sign Recognition. Lalu terdapat fitur opsional yang bisa dimiliki yaitu Lane Change Assist, Surround View, Porsche InnoDrive with Adaptive Cruise Control, Night Vision Assist dan head-up display.

Porsche Panamera terbaru akan mulai hadir di dealer resmi Jerman pada bulan November mendatang. Bicara soal harga mulai dari EUR91.345 atau setara Rp 1,58 miliar hingga EUR179.737 atau setara Rp 3,1 miliar.