POPULAR STORIES

Porsche Putuskan Gunakan Baja Rendah Emisi Untuk Mobil Sport Mereka

Porsche Putuskan Gunakan Baja Rendah Emisi untuk Mobil Sport Mereka Porsche Putuskan Gunakan Baja Rendah Emisi untuk Mobil Sport Mereka (Porsche AG)

KabarOto.com - Porsche AG dan perusahaan start-up energi asal Swedia, H2 Green Steel, telah menandatangani perjanjian untuk pasokan baja rendah CO?. Tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan keseimbangan emisi kendaraan Porsche dengan menggunakan baja rendah CO?.

H2 Green Steel berencana untuk memproduksi baja dengan menggunakan energi terbarukan di Boden, Swedia, mulai akhir tahun 2025. Mulai tahun 2026, Porsche dan berbagai pemasok langsung bahan produksi Porsche akan menerima pasokan baja rendah emisi dari H2 Green Steel.

Bahan tersebut klaimnya akan memiliki salah satu jejak karbon terendah di pasar. H2 Green Steel mengandalkan proses produksi yang inovatif dengan hidrogen dan listrik dari sumber energi terbarukan. Oleh karena itu, produksi baja ini hampir bebas CO?.

Baca Juga: Intip Keindahan Porsche 718 Cayman GT4 RS Tag Heuer Panamericana

Menurut H2 Green Steel, hal ini menghasilkan emisi CO? yang lebih rendah hingga 95% dibandingkan dengan produksi baja konvensional dengan batu bara kokas. Hingga 35 ribu ton baja rendah emisi yang diproduksi di Swedia akan digunakan per tahun untuk produksi seri kendaraan Porsche. Sebagai perbandingan, pada tahun 2022, 220 ribu ton baja digunakan pada kendaraan Porsche.

"Porsche bekerja menuju keseimbangan karbon netral di seluruh rantai pasokan untuk mobil-mobilnya pada tahun 2030. Baja rendah CO? memainkan peran kunci dalam strategi keberlanjutan kami. Dengan baja dari H2 Green Steel, kami bertujuan untuk mengurangi emisi CO? yang disebabkan oleh bahan penting ini," jelas Barbara Frenkel, Executive Board Member for Procurement di Porsche AG.

Baca Juga: Porsche 911 GT3 R Rennsport, Hanya Diproduksi 77 Unit Di Seluruh Dunia

Proporsi baja pada kendaraan Porsche terus dikurangi dalam beberapa tahun terakhir. Sementara itu, Porsche semakin mengandalkan aluminium untuk konstruksi yang ringan. Namun, baja tetap menjadi salah satu elemen kunci dalam konstruksi mobil sport, karena sifat mekaniknya yang sangat baik.

"Energi, proses, dan bahan menyumbang sebagian besar emisi CO? dalam rantai pasokan. Itulah sebabnya kami ingin meningkatkan penggunaan bahan daur ulang dan listrik ramah lingkungan dalam proses produksi pemasok langsung sebagai bagian dari upaya dekarbonisasi kami," tutupnya.