POPULAR STORIES

Porsche Taycan Diuji Sprint Di Landasan Pacu

Porsche Taycan Diuji Sprint di Landasan Pacu

KabarOto.com - Pabrikan mobil sport asal Jerman, yaitu Porsche, telah merilis kendaraan terbarunya. Namun bukan mobil biasa yang dirilis, melainkan sebuah mobil listrik Porsche Taycan. Mobil elektrik pertama besutan Porsche ini, seperti yang dilansir dari Carscoops, Porsche mengumumkan Taycan yang sangat dinanti-nantikan ini untuk meluncur pada 4 September silam.

Porsche Taycan sendiri telah diperkenalkan kepada publik, dalam perayaan 70 tahun Porsche tahun lalu. Mobil dari Porsche ini pun mendapat respon baik dari publik. Terbukti dengan 20.000 unit yang diproduksi di tahun pertama, sudah ludes terjual sebelum peluncurannya.

Baca juga: Porsche Resmi Luncurkan Taycan di Tiga Benua

Porsche Taycan dibekali mesin listrik dengan tenaga di angka 600 dk. Seperti yang dilansir dari Carscoops, Porsche tetap merahasiakan spesifikasi detailnya, tetapi produsen mobil ini sebelumnya mengkonfirmasi bahwa Porsche Taycan akan memiliki dua motor listrik. Kedua motor listrik ini akan menghasilkan output gabungan lebih dari 592 dk. Tenaga ini akan memungkinkan Porsche Taycan untuk melaju dari 0-100 kpj dalam waktu kurang dari 3,5 detik, dan menempuh jarak lebih dari 500 km dengan sekali pengisian daya dalam siklus berkendara Eropa.

Porsche sepertinya juga tidak ingin main-main dalam menggarap mobil listrik terbarunya. Porsche membuktikan hal ini dengan melakukan test untuk Porsche Taycan. Sebuah Porsche Taycan dipaksa untuk sprint dari 0-200 kpj sebanyak 26 kali. Test ini dilakukan di sebuah runway bandara yang terletak di Lahr, Baden Selatan, Jerman. Dengan panjang landasan bandara 2,3 kilometer, dan suhu lokasi di angka 28 derajat celcius.

Test ini pun terbilang sukses bagi Porsche. Porsche berhasil menunjukkan konsistensi Porsche Taycan untuk melaju dari 0-200 kpj. Dengan catatan waktu yang tidak jauh berbeda dalam 26 kali percobaan. Gap waktu terbesar hanya berada di angka 0,8 detik saja.

Ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan Porsche dalam test ini. Diantaranya adalah motor listrik dengan teknologi baru. Motor listrik ini dapat mendukung terciptanya medan magnet yang mampu membantu akselerasi mobil ini.

Baca juga: Ludes Dipesan, Porsche Taycan Siap Saingi Pamor Tesla

Selain itu mobil tegangan listrik di Porsche Taycan, bertegangan lebih besar dibanding mobil-mobil listrik lainnya. Yap, Porsche membekali Porsche Taycan dengan tegangan listrik hingga 800 volt. Disaat mobil-mobil listrik lain hanya menggunakan tengangan listrik 400 volt.

Dengan motor listrik yang canggih, dan tegangan yang lebih tinggi, Porsche Taycan juga didukung dengan teknologi pengaturan suhu. Teknologi ini memungkinkan pengaturan suhu dalam sistem kelistrikan agar tidak terlalu dingin, maupun terlalu panas. Sehingga Porsche Taycan dapat selalu berada di performa maksimalnya.

Sepertinya menarik ya kalau Porsche bertenaga listrik ini masuk ke Indonesia. (Gregorius Nikolaus.P)