POPULAR STORIES

Porsche Turbo Pamer Koleksi Gaharnya Di Retro Classics 2024

Porsche Turbo Pamer Koleksi Gaharnya di Retro Classics 2024 Porsche Turbo Pamer Koleksi Gaharnya di Retro Classics 2024 (Porsche)

KabarOto.com - Kunjungan ke Porsche di Retro Classics di Stuttgart tahun ini akan merayakan hari jadinya dengan tema “Beyond Performance – 50 Years of Porsche Turbo” di trade fair untuk penggemar mobil klasik dan penggemar mobil sport, dengan menghadirkan pameran dari tanggal 25 hingga 28 April 2024.

Retro Classics menghadirkan banyak penggemar mobil klasik dan mobil sport dari seluruh dunia ke Stuttgart. Bagi Porsche, pameran dagang ini bukan sekadar 'home game', namun merupakan agenda rutin dalam kalender acara tahunannya.

Pada Kamis hingga Minggu, 25 hingga 28 April 2024, pabrikan mobil sport tersebut akan menampilkan berbagai pilihan pameran di sana. “Tahun ini kami merayakan ulang tahun ke-50 Turbo di Retro Classics. Tidak ada model lain yang mencerminkan dorongan perusahaan seperti turunan Turbo,” kata Achim Stejskal, Direktur Porsche Heritage and Museum.

Baca Juga: Intip Spesifikasi Porsche Panamera 4 E-Hybrid dan 4S E-Hybrid

Pada tahun 1974, pabrikan mobil sport tersebut menghadirkan seri pertama 911 Turbo di Paris Motor Show. Sebuah teknologi yang bermigrasi dari motorsport ke produksi seri dengan ciri khas gaya Porsche.

“Kami sangat senang bisa menunjukkan kepada pengunjung kendaraan yang selalu terdepan pada masanya,” sambungnya. Pada hari Sabtu, 27 April pukul 14.00, Thomas Krickelberg, Manajer Proyek lini model 911/718 di Porsche dan Frank Jung, Kepala Arsip Perusahaan, akan berbicara dengan pembalap Monegasque dan pemenang Le Mans Stéphane Ortelli tentang Turbo.

Setelah itu, Ortelli, yang memenangkan balapan 24 jam untuk Porsche dengan Porsche 911 GT1 pada tahun 1998 bersama rekan setimnya Laurent Aïello dan Allan McNish, akan memenuhi sesi meminta tanda tangan. Selain Turbo Talk, pengunjung stand pameran juga dapat mengikuti tur berpemandu dengan topik 50 tahun Turbo.

Di Stand A74 di Hall 1, perusahaan akan menampilkan 911 Turbo pertama—yang mengantarkan Porsche memasuki era baru. Model pertama dari jenisnya yang dipamerkan juga merupakan model satu kali, yakni Porsche 911 Turbo “No. 1”, yang diterima Louise Piëch sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-70 pada musim panas 1974.

Mobil berikutnya yang dipamerkan adalah 911 Turbo 3.0 Coupé dari tahun 1975. Porsche dalam Silver Green Diamond ini adalah salah satu dari 30 Turbo pertama yang diselesaikan dalam produksinya.

Penarik penonton lainnya di stand seluas lebih dari 500 meter persegi adalah 911 GT. Mobil balap yang juga dipamerkan di pameran ini adalah 911 GT1 ‘98, sebuah mobil balap ringan dengan bobot hanya 970 kilogram. Berbeda dengan pendahulunya dengan bagian depan baja lembaran, mobil sport bermesin tengah ini menampilkan bodi monocoque serat karbon dan kulit luar plastik. Mesin enam silinder 3.200 cc berpendingin air dengan dua turbocharger menghasilkan tenaga sekitar 541,7 dk.

911 Turbo S juga tampil dan merupakan salah satu dari hanya 435 model yang dibuat oleh Porsche Exclusive. Dengan tenaga 443 dk, mesin boxer biturbo berpendingin udara adalah salah satu yang paling bertenaga dari 911 generasi 993. Sasis mobil sport ini diturunkan 15 milimeter, dan bodinya menampilkan paket aero dengan bagian depan dan belakang, spoiler, Keempat pipa knalpotnya sangat mencolok.

Baca Juga: 'Dicium' Mitsubishi Xpander di PIK 2 Tangerang, Intip Spesifikasi Porsche 911 GT3

911 Turbo S “Duet” tahun 2020 merupakan produk kerjasama antara Porsche dan pabrikan pesawat Embraer. Mereka yang memilih jet bisnis Phenom 300E pada saat itu dapat membeli 911 Turbo S yang disesuaikan dengan warna perak dua warna.

Dalam banyak detailnya, mobil sport bertenaga 641 dk ini mengingatkan pada dunia penerbangan. Misalnya, saluran masuk udara samping dan trim pada jendela samping dengan warna krom cemerlang mengingatkan tampilan mesin jet. Registrasi individual jet terkait dapat ditemukan di bagian bawah sayap belakang serta pada kunci kendaraan model tersebut, yang diproduksi dalam jumlah terbatas sebanyak sepuluh unit. Sesuai dengan tulisan di sayap pesawat, panel kusen pintu bertuliskan “No Step”.

Selain kendaraan seru era Turbo, Porsche juga akan menghadirkan dua pameran mesin. Sementara satu mesin dari tahun 1988 mewakili generasi kedua Turbo, mesin lainnya berasal dari generasi ketujuh. Dalam etalase di stand, Porsche akan menampilkan sejumlah pameran dari arsip, seperti gambar logo Turbo tahun 1974, iklan, dan kartu perlengkapan Turbo pertama. Toko museum, yang terintegrasi dengan stand pameran dagang, menawarkan kepada pengunjung produk-produk pilihan terkait Porsche serta koleksi yang dibuat khusus untuk ulang tahun itu.