POPULAR STORIES

Potensi Perantara Virus Corona, Ini Cara Simpel Jaga Helm Tetap Steril

Potensi Perantara Virus Corona, Ini Cara Simpel Jaga Helm Tetap Steril Foto: Kipli

KabarOto.com - Pelindung kepala bikers yakni helm memang perangkat wajib digunakan bagi pengendara motor. Sayangnya, saat musim penyebaran pandemi virus Corona atau Covid-19 ini meningkatkan rasa was-was bagi bikers yang sering bertukar helm.

Hal tersebut diamini dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog di Omni Hospitals Pulomas, Dirga Sakti Rambe yang mengatakan jenis helm full face bisa menjadi media penularan virus Corona bila digunakan bergantian.

Hal tersebut ditulis dalam akun sosial medianya, "Pada situasi #COVID19 sekarang, sebaiknya hindari penggunaan helm full face yang dipakai Bergantian dengan orang lain. Helm model ini dapat menjadi media penularan," ujarnya dalam akun twitternya @dirgarambe.

Baca Juga: Ingin Koleksi Helm Premium? Ini Yang Harus Diperhatikan

Ia bilang, penting melakukan semua upaya pencegahan. "Jangan lupa tetap di rumah. Hindari tempat ramai. Jaga daya tahan tubuh," katanya.

Sebelumnya salah satu produsen helm RSV, sempat menyebarkan cara membersihkan helm full face dari debu, bakteri, dan virus. Langkah pertama, lepaskan bagian visor dan padding dari shell (cangkang) helm.

Setelah itu, gosok bagian padding dengan cairan pembersih, lalu bilas dengan lap microfiber. Kemudian, keringkan helm di ruangan tertutup, dengan bantuan kipas angin.

Sedangkan untuk bagian visor, masukkan ke dalam air, lalu lap dengan kain microfiber. Terakhir, untuk membersihkan shell, gunakan cairan pembersih, bilas dengan lap microfiber.