POPULAR STORIES

PPKS Road Test Kijang Innova Pakai Biodiesel Sawit 50%

PPKS Road Test Kijang Innova Pakai  Biodiesel Sawit 50% Menko Maritim Luhut Binsa Pandjaitan saat menghadiri Road Test B50

KabarOto.com - Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) menggelar road test Biodiesel sawit 50% (B50) pada Toyota Kijang Innova. Road test dimulai dari kota Medan menuju kota Jakarta dan kembali ke kota Medan.

Road test Biodiesel B50 ini didukung oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, dan Holding PT. Perkebunan Nusantara yang saat ini berusaha untuk meningkatan nilai tambah dan penggunaan CPO untuk dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Kilang RU III Pertamina Dipastikan Siap Produksi Biodiesel B20

Salah satu produk hilir dari minyak sawit yang dapat dikembangkan di Indonesia adalah biodiesel yang dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif terutama untuk mesin diesel.

Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan, tidak beracun dan dibuat dari minyak nabati. Secara kimia biodiesel termasuk dalam golongan mono alkil ester atau metil ester dengan panjang rantai karbon antara 12 sampai 20. Hal ini yang membedakannya dengan petroleum diesel (solar) yang komponen utamanya adalah hidrokarbon.

Baca Juga: Dukung Biodiesel 20, Pertamina Kekurangan Pasokan BBN

Dengan semakin tingginya harga minyak bumi akhir-akhir ini, sudah saatnya bagi Indonesia untuk lebih meningkatkan penggunaan biodiesel yang berasal dari kelapa sawit, baik untuk konsumsi dalam negeri maupun untuk ekspor.

Penggunaan biodiesel untuk kendaraan bermotor di dalam negeri memiliki fungsi ganda yaitu diversifikasi produk hilir kelapa sawit dan penyediaan energi ramah lingkungan.