POPULAR STORIES

Praga Bohema, Hypercar Legal Jalan Raya Asal Ceko

Praga Bohema, Hypercar Legal Jalan Raya asal Ceko Sumber: Praga

KabarOto.com - Perusahaan otomotif asal Ceko, Praga, saat ini telah mengungkapkan hypercar legal jalan barunya dalam bentuk prototipe pra-produksi. Memiliki performa tinggi dan bobot yang ringan, ada pada Praga Bohema.

Dengan mesin tengah dan 2 tempat duduk, Praga Bohema diklaim mampu memberikan performa yang sangat tinggi di lintasan yang menargetkan waktu putaran mobil balap GT3.

Sasis monokok serat karbon dan suspensi yang dapat disetel sepenuhnya untuk khusus keperluan lintasan sirkuit, dengan bobot ringan sekitar 982 kg (tanpa bahan bakar), sementara mesin kencang dan kuatnya merupakan reinkarnasi dari mesin Nissan GT-R dengan transmisi semi-otomatis yang dirancang Praga, untuk mendukung pengalaman on-road yang unik dengan kinerja yang berfokus pada trek.

Baca juga: Chevrolet Loadmaster 1948 Enyo Raih Penghargaan Di SEMA 2022

Mantan pembalap Formula 1 dan IndyCar saat ini, Romain Grosjean sudah menguji kendaraan ini. Dia kemudian terlibat dalam proyek Bohema dan menyoroti transisi mobil yang mulus dari jalan raya ke trek sambil memberikan sesi ekstensif di sirkuit Slovakia Ring sepanjang 6 km yang menantang dalam pengujian baru-baru ini.

“Saya kagum dengan performa Bohema yang luar biasa di trek, aksesibilitasnya di jalan raya, dan kemudahan transisi di antara keduanya,” kata Romain.

Bohema adalah desain baru, dikembangkan oleh tim insinyur dan desainer Praga yang kecil namun berbakat, dan disempurnakan di terowongan angin tim F1. Desain aero yang inovatif memberikan lebih dari 900 kg downforce pada 250 kpj. Kecepatan tertinggi lebih dari 300 kpj.

Desain mobil yang terinspirasi dari aerodinamis tidak menghilangkan desain bodywork yang elegan dan menarik untuk memastikan mobil terlihat kencang, dan bagus.

Romain Grosjean sudah menguji Praga Bohema, ia puas atas kemampuan mobil ini

Baca juga: Chevrolet K5 Blazer Bully Hasil Garapan Ringbrothers

Interior ergonomis Bohema menghadirkan kokpit yang sempit dan diasah secara aerodinamis namun dapat menampung dua orang dewasa setinggi dua meter dengan kursi pengemudi, setir dan pedal yang dapat disetel sepenuhnya, ruang bagasi yang luas, pendingin ruangan (AC), dan visibilitas belakang.

Kokpit Bohema: dirancang secara struktural dengan 56 bagian karbon individu, dan dipangkas dengan Alcantara dan kulit berkualitas tinggi, target berat kokpit hanya 34 kg. Fokus untuk menjaga Bohema di bawah 1.000 kg ditunjukkan oleh perhatian Praga yang luar biasa terhadap detail di setiap aspek desain, dengan penggunaan ekstensif yang terbuat dari serat karbon, aloi magnesium, dan titanium.

Suspensi independennya menggunakan peredam yang dapat disetel dan dioperasikan, dengan pushrod terpasang secara horizontal untuk perjalanan maksimum sambil meminimalkan ketinggian mobil. Para insinyur pengembangan Praga masih mampu mempertahankan suspensi yang cukup lentur untuk digunakan di jalan raya tanpa harus menggunakan sistem suspensi adaptif mahal.

Roda yang dikunci sentral berdiameter 18 inci di depan dan 19 inci di belakang untuk menawarkan kepatuhan di jalan raya melalui dinding bannya yang besar, tetapi Bohema akan menerima roda 18 inci yang memastikan kompatibilitas dengan dimensi ban spek FIA GT3.

Ruang kokpit dilapis bahan alcantara dan kulit premium

Setir dengan panel instrumen yang inovatif

Rem menggunakan cakram keramik karbon 380 mm yang ringan namun diklaim tahan lama dengan kaliper 6 piston, di bagian depan dan belakang.

Jantung pacunya mengandalkan mesin V6 Twin-Turbo berkapasitas 3.800 cc milik Nissan GT-R, dioptimalkan oleh Litchfield Engineering, di mana diubah agar sesuai dengan sasis Bohema yang sangat rendah, dan disetel dengan turbo yang lebih besar untuk mencapai target 700 dk, dengan torsi setidaknya 725 Nm pada 3.000 rpm hingga 6.000 rpm. Berpenggerak roda belakang melalui gearbox sequential Hewland.

Dengan harga € 1,28 juta (US $ 1,34 juta atau setara Rp 16,26 miliar), ini adalah mobil kelas atas. Berminatkah anda?