POPULAR STORIES

Pramusim MotoGP Sepang 2022 Hari Kedua: Enea Bastianini Tercepat, Geser Aleix Espargaro

Pramusim MotoGP Sepang 2022 Hari Kedua: Enea Bastianini Tercepat, Geser Aleix Espargaro Enea Bastianini tercepat, Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap Gresini Racing, Enea Bastianini sukses memuncaki hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu kemarin (06/02).

Sebelumnya, pemuncak tes pramusim hari pertama dipegang oleh Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang mampu mencatatkan waktu 1:58,157 detik. Namun, torehan tersebut merupakan rekor tidak resmi, sekaligus mematahkan catatan milik Danilo Petrucci. Mantan pembalap Ducati itu mampu meraih waktu 1:58,239 detik saat tes MotoGP 2019 lalu.

Baca juga: Pramusim MotoGP Sepang 2022 Hari Pertama: 2 Pembalap Aprilia Tercepat
Aleix tergusur dari posisi pertama

Baru saja menjadi yang tercepat, pencapaian Aleix tidak berlangsung lama dan langsung digusur oleh Enea Bastianini dengan Desmosedici GP21. Pembalap berjulukan La Bestia itu mampu menorehkan waktu terbaik yaitu 1:58,131 detik alias lebih kencang 0,026 detik dari Aleix.

Enea mengakui sangat menyenangkan untuk kembali ke membesut motor setelah rehat musim dingin. "Kami sangat cepat di Sabtu maupun hari Minggu: jika kemarin kami harus menghadapi sedikit kendala, hari ini kami bisa sangat cepat. Karena hujan kami hanya berhasil melakukan satu kali time attack, tapi itu berjalan cukup baik. Kami juga melihat kecepatan balapan kami dua hari ini karena kami membuat beberapa perubahan set-up, dan kami banyak meningkat meskipun sudah memulai dari basis yang sangat baik," ujar pembalap bernomor 23 ini.

Enea Bastianini penasaran bubuhkan rekor di Mandalika

"Sekarang kami perlu menguji trek baru – kami semua akan memulai dari nol dan kami akan bekerja untuk balapan: kami juga ingin cepat di sana," yakin pembalap Italia yang pekan ini akan mencoba langsung sirkuit Mandalika.

Raihan Enea turut menggusur catatan milik Petrucci yang tidak resmi, sedangkan rekor lap resmi di Sepang dipegang oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang meraih waktu 1:58,576 detik di GP Malaysia 2019.

Usai posisi Enea meroket ke tangga teratas, tidak banyak perubahan posisi hingga akhir hari kedua sesi tes pramusim ini. Karena turunnya hujan yang turun cukup lama pada pertengahan sesi, membuat pembalap tidak bisa memperbaiki catatan waktu mereka.

Baca juga: Suzuki GSX-RR 2022, Simak Penyempurnaannya!

Jorge Martin melengkapi tiga besar rider tercepat

Alhasil, pembalap bernomor 23 itu resmi menjadi yang tercepat diikuti oleh Aleix dan Jorge Martin (Pramac Racing) di posisi tiga besar. Di belakangnya, Alex Rins (Suzuki Ecstar), Maverick Vinales (Aprilia Racing), dan Francesco Bangaia (Ducati), dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) berada di posisi ketujuh.

Lalu, Marc Marquez (Honda) yang masih fokus untuk menguji penglihatannya bertengger di posisi kedelapan. Sementara, Johann Zarco (Pramac Racing) dan Pol Espargaro (Honda) melengkapi 10 besar.

Marc Marquez masih perbaiki kemampuan Honda RC213V

Dengan ditutupnya hari kedua tes pramusim MotoGP Sepang 2022, ke-24 pembalap nantinya akan bertolak ke Indonesia. Mereka akan menjalani sesi tes pramusim MotoGP Mandalika yang diselengarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 11-13 Febuari mendatang.

Alex Rins bercokol di lima besar

Berikut Hasil Tes Pramusim MotoGP Sepang 2022 (hari kedua) :

  1. Enea Bastianini (Gresini Racing) 1:58,131

  2. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +0,026 detik

  3. Jorge Martin (Pramac Racing) +0,112 detik

  4. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +0,130 detik

  5. Maverick Vinales (Aprilia Racing) +0,130 detik

  6. Francesco Bagnaia (Ducati) +0,134 detik

  7. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +0,182 detik

  8. Marc Marquez (Repsol Honda) +0,201 detik

  9. Johann Zarco (Pramac Racing) +0,282 detik

  10. Pol Espargaro (Honda) +0,289 detik