POPULAR STORIES

Suzuki GSX-RR 2022, Simak Penyempurnaannya!

Suzuki GSX-RR 2022, Simak Penyempurnaannya! SUmber Foto : Suzuki MotoGP

KabarOto.com – Pada sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia, duo pembalap Suzuki Ecstar ungkap perubahan Suzuki GSX-RR 2022.

Pada sesi hari pertama tes pramusim, Sabtu (5/2), Alex Rins berhasil menempati peringkat ketiga dengan gap 0,1 detik dari Aleix Espargaro (Aprilia Racing). Sedangkan, Joan Mir tertinggal 0,696 detik.

Usai sesi tes, Rins mengakui mampu mendapatkan kecepatan bagus sejak awal sesi dan mampu mempertahankannya. Selain itu, pembalap asal Spanyol itu juga mencoba beberapa hal lain dari GSX-RR terbaru.

Baca Juga : Pramusim MotoGP Sepang 2022 Hari Pertama: 2 Pembalap Aprilia Tercepat

Rins mengakui motor masih lemah di keluar tikungan

“Untuk mesin, dari data terlihat adanya peningkatan tenaga. Sedangkan untuk aerodinamika, masih ada beberapa detail yang harus disempurnakan. Dua sayap baru tidak bekerja sebagaimana mestinya,” ungkap Alex Rins.

Rins juga menambahkan apa saja yang ingin diperbaikinya sepanjang sesi tes. Salah satunya ingin memiliki kecepatan lebih baik saat keluar tikungan. Tetapi, secara keseluruhan dirinya menilai GSX-RR 2022 mengalami peningkatan cukup signifikan di bagian mesin.

“Di sektor pertama Sepang yang terdiri dari beberapa tikungan lambat, para pembalap lain mampu mempertahankan ban tetap di permukaan aspal. Sedangkan, kami kesulitan melakukannya. Kami juga menguji sasis baru dengan sejumlah komponen berbahan karbon. Namun, kami harus mengujinya lagi untuk mendapatkan data lebih banyak,” lanjut Rins.

Sama seperti Rins, Joan Mir juga mendapatkan kesempatan mencoba beberapa sasis. Secara umum, pembalap bernomor 36 itu puas dengan performa motor purwarupa terbaru Suzuki yang akan dipakai mereka untuk menghadapi musim baru.

Baca Juga : Suzuki Rilis GSX-RR 2022, Tampil Lebih Segar

“Pada tes ini kami mencoba beberapa komponen baru, seperti fairing dan sasis. Kesulitannya adalah menemukan keseimbangan yang pas di antara semua elemen tersebut. Saat awal-awal tes, menentukan sistem elektronik sangat sulit. Lalu, satu sasis lebih stabil saat pengereman tetapi saat menikung tidak bisa optimal. Sementara, sasis lainnya lebih baik,” ungkap Joan Mir.

Di sisi lain, Mir mengakui performa mesin memiliki peningkatkan yang cukup besar. Mesin empat silinder segaris 1.000 cc ini memiliki potensi. Tetapi, Mir tidak bisa memastikan apakah mesin anyar pada GSX-RR 2022 ini bakal membuatnya tampil kompetitif hingga akhir musim.

“Sulit dikatakan. Saya kira saat semua komponen baru mampu bekerja sesuai progam. Namun, mulai musim depan, kami memakai perangkat baru yaitu ride height adjuster yang sudah lebih baik dibanding musim lalu,” tutup Mir.