Prancis Berikan Subsidi Setiap Warga Rp113,9 Juta Untuk Beli Mobil Listrik

Prancis Berikan Subsidi Setiap Warga Rp113,9 Juta untuk Beli Mobil Listrik

KabarOto.com - Hampir seluruh negara di dunia terus meningkatkan populasi kendaraan ramah lingkungan untuk membuat udara di lingkungan bersih tanpa polusi. Salah satu kendaraan berbasis listrik menjadi solusi, untuk terciptanya lingkungan yang bersih bebas polusi.

Prancis, salah satu negara di Eropa bahkan meningkatkan populasi penggunaan kendaraan listrik, dengan menyiapkan subsidi bagi warganya yang ingin membeli mobil listrik.

Baca Juga: Bikin 560.000 Mobil Listrik, Hyundai Gandeng LG Chem

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menyebutkan akan memberikan insentif (subsidi) untuk pembelian mobil listrik. Dana insentif yang akan didapatkan warganya mulai dari EUR 2.000 atau sekitar Rp32,5 juta sampai dengan EUR 7.000 atau Rp113,9 juta.



Untuk warga yang ingin menukar tambah mobil tua dan mobil yang tidak ramah lingkungan (bahan bakar konvensional) dengan mobil listrik terbaru, subsidi yang diberikan berlaku dari EUR 3.000 (sekitar Rp48,9 juta) euro hingga EUR 5.000 (sekitar Rp81,5 juta). Insentif mobil listrik ini akan diberlakukan pada 1 Juni sampai 31 Desember 2020.

Seluruh dana insentif ini diberikan sebagai bentuk rangsangan sektor otomotif di Prancis. Mereka bahkan sudah menganggarkan suntikan dana hingga EUR 8 miliar atau setara dengan Rp 129,3 triliun.

Baca Juga: Video Review - BMW I3S, Mobil Listrik Mungil Bebas Emisi

"Kami membutuhkan tujuan motivasi untuk membuat Prancis sebagai produsen kendaraan bersih teratas di Eropa dengan membawa hasil lebih dari 1 juta mobil listrik dan hybrid per tahun selama lima tahun ke depan," yakin Emmanuel Macron.