Bikin 560.000 Mobil Listrik, Hyundai Gandeng LG Chem

Bikin 560.000 Mobil Listrik, Hyundai Gandeng LG Chem LG Chem, produsen baterai untuk mobil listrik (Foto: TeleTrader.com)

KabarOto.com - Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai Motor Group, melakukan kerjasama dengan pembuat baterai mobil listrik LG Chemical (LG Chem). LG digandeng untuk memasok baterai yang akan digunakan di mobil-mobil Hyundai dan Kia. Hyundai Group sendiri, memasang target pejualan mobil listrik mencapai 560.000 unit pada tahun 2025.

Dilansir dari Reuters, Rabu (27/5) juru bicara Hundai Group menjelaskan, rincian kontrak pasokan (baterai) termasuk model kendaraan listrik yang akan menggunakan baterai listrik jumlahnya telah disepakati dan masih dirahasiakan.

Baca Juga: New Hyundai Santa Fe Akan Ada Pilihan Elektrifikasi

Caption

Sementara itu, LG Chem tidak mau berkomentar tentang kabar kerjasama tersebut. Namun pastinya dukungan LG akan menjadi nilai lebih bagi Hyundai. Target 560.000 unit pada tahun 2025 pabrikan yang bermarkas di Yangjae-dong, Seocho-gu, Seoul, Korea Selatan itu, menurut rencana ada 16 model mobil listrik baru yang dikeluarkan.

Terkait dengan LG Chem, The Green Journal mengabarkan, akhir tahun 2011 lalu, LG Chem tercatat sebagai produsen terbesar ketiga di dunia dengan kapasitas produksi tahunan 1 miliar sel. Sementara itu, The Financial Times beberapa waktu lalu mengatakan, sejak 2 April 2017 LG Chem meningkatkan kapasitas produksinya di Tiongkok.

Baca Juga: Pindahkan 3 Perusahaan Ke Indonesia, Hyundai Cikarang Mulai Operasikan Pabriknya Akhir Tahun

Tiongkok memberi kontribusi sepertiga dari total penjualan baterai produksi LG Chem. LG juga tercatat sebagai pemasok baterai mobil listrik besutan Ford Motor Company, Chevrolet, serta Renault. Bahkan, LG Chem Michigan telah memiliki pabrik di Belanda, dengan nama LC Chem Michigan Holland.