Preview GP F1 Grande Prêmio do Brasil 2015

Alif Sowandono
Alif Sowandono 12 Nov 2015 - 01:30
Preview GP F1 Grande Prêmio do Brasil 2015
Bird view Sirkuit interlagos (foto: formula1.com)

Dengan menyisakan 2 balapan lagi, gelaran kejuaraan Formula 1 kini tiba kembali di Brasil dan bertempat di sirkuit Autodromo Jose Carlos Pace atau dikenal dengan nama Interlagos. Asal mula pembangunan sirkuit ini digagas oleh 2 orang pengembang properti asal kota Sao Paulo pada tahun 1938 yang awalnya ingin membangun komplek perumahan. Namun kemudian diketahui bahwa area tersebut tidak cocok untuk zona perumahan dan akhirnya dibangunlah sirkuit balap yang hingga saat ini dikenal dengan nama resmi Autódromo José Carlos Pace.

Jose Carlos Pace (foto: formula1.com)

Menurut sejarah, tercatat beberapa pebalap asal Brasil  yang terlibat dalam balap F1 seperti Emerson Fittipaldi dan Jose Carlos Pace yang tenar di periode 1970an dan Ayrton Senna yang tewas di sirkuit Imola pada tahun 1994. Sekarang jejak mereka dilanjutkan oleh Felipe Massa yang kini membalap untuk tim Williams dan Bruno Senna yang membalap di Formula E dan merupakan keponakan mendiang Ayrton Senna.

Layout sirkuit Interlagos (foto: formula1.com)

Layout sirkuit Interlagos (foto: formula1.com)

Mengenai karakter sirkuit, Paul Hembery selaku direktur motorsport Pirelli menyebutkan bahwa Interlagos adalah sirkuit yang cukup abrasif terhadap ban mobil F1. Oleh karena itu diperkirakan bahwa beberapa tim akan menjalankan strategi pit stop sebanyak dua atau tiga kali. "Balapan di sirkuit ini cukup menantang, kami akan mendapatkan gambaran akurat mengenai situasi balapan yang sesungguhnya pada saat sesi latihan bebas hari jumat esok." tutup Paul Hembery.

Juara dunia Formula 1 tahun 2015, Lewis Hamilton juga mengamini hal tersebut dengan menyebutkan bahwa Interlagos merupakan salah satu sirkuit klasik dengan jarak pendek, abrasif terhadap ban dan memiliki banyak drama saat balapan. "Balapan di Interlagos cukup spesial untuk saya pribadi karena ini adalah rumah dari Ayrton Senna. Balapan disini merupakan impian saya saat masih kecil dan saya selalu merasakan kehadirannya saat saya tiba disini." ujarnya.

"Ayrton merupakan pahlawan bagi masyarakat Brasil dan sungguh luar biasa bila melihat prestasi Ayrton yang membutuhkan 8 kali balapan sebelum ia meraih gelar juara di sirkuit ini. Bila saya memenangkan balapan di Interlagos akhir pekan ini, akan menjadi sebuah penghormatan untuk dirinya dan menambah prestasi pribadi saya di musim balapan tahun ini. Jadi saya akan tampil maksimal untuk mewujudkan hal itu." tutup Hamilton.

Data Autódromo José Carlos Pace

Kejuaraan Pertama : 1973
Jumlah Putaran       : 71
Panjang Sirkuit       : 4.309 Km
Jarak Balapan         : 305.909 Km
Rekor Putaran         : 1:11.473 - Juan Pablo Montoya (Williams-BMW 2004)

Baca juga: