POPULAR STORIES

Produksi Mobil Dunia Bakal Macet Akibat Virus Corona, Jepang Bentuk Dewan Gabungan

Produksi Mobil Dunia Bakal Macet akibat Virus Corona, Jepang Bentuk Dewan Gabungan

KabarOto.com - Wabah virus corona yang tak kunjung reda di Tiongkok membuat pemerintah dan industri permobilan Jepang melakukan langkah antisipasi dengan membentuk dewan gabungan.

Adapun dewan gabungan ini melibatkan para produsen mobil dan pemasok komponen. Mereka akan saling berbagi informasi dan menawarkan pembiayaan untuk menalangi situasi yang kian memburuk, hal tersebut dikatakan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, pada hari Kamis kemarin, (20/2).

Baca juga: Honda Civic Type R Limited Edition, Lebih Fokus ke Sirkuit

Dewan gabungan tersebut akan melibatkan pula Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) dan Japan Auto Parts Industries Association (JAPA).

Tugas dewan gabungan akan memantau perkembangan dan mengoordinasikan komunikasi dan bekerja dengan pemerintah Jepang mengenai langkah-langkah guna memastikan kelancaran aliran komponen melalui rantai pasokan.



Akibat wabah virus corona Nissan menutup produksinya di Kyushu, Jepang pada 14-17 Februari lalu dan memperpanjangnya hingga 24 Februari mendatang. Produksi mobil di Eropa dan Amerika dengan komponen kebanyakan dari Tiongkok, mau tak mau Nissan akan angkat tangan untuk melanjutkan produksi mobilnya. Hubei, Tiongkok, adalah fasilitas terbesar rekan Nissan, Dongfeng Motor.

Sementara manufaktur Jepang yang memiliki basis produksi di Tiongkok yakni Honda, Mazda, Mitsubishi, dan Toyota sudah lebih dahulu menghentikan produksinya. Sementara produksi di Jepang belum dihentikan meski kekurangan suku cadang.

Baca juga: Tangguhnya New Land Rover Defender Bakal Muncul di Film James Bond No Time To Die

Kawasan industri otomotif di provinsi Hubei, Tiongkok yang dikhawatirkan meluasnya virus corona ditutup sementara hingga 20 Februari. Padahal lokasi tersebut adalah sebagai bagian pemasok komponen transmisi hingga sistem kemudi.



Dampak coronavirus juga berdampak pada produsen selain Jepang yakni dari Korea dan Prancis, Hyundai dan Renault. Fasilitas produksi 500L di Serbia harus dihentikan, karena menunggu pasokan komponen yang terhenti.

Jaguar Land Rover harus lebih menjamin pasokan produksinya berjalan. Komponen yang dipasok dari Tiongkok diterbangkan khusus gunakan pembungus rapat ke Inggris.