POPULAR STORIES

Produksi Terakhir Lotus Elise, Exige & Evora Masuk Museum

Produksi Terakhir Lotus Elise, Exige & Evora Masuk Museum Foto perpisahan Lotus Elise, Exige, dan Evora (Dok: Lotus)

KabarOto.com – Lotus memeringati produksi terakhir dari mobil sport Elise, Exige, dan Evora. Ketiganya diabadikan dalam sebuah foto bersama tim Lotus yang bekerja mulai dari desain, perakitan hingga penjualan mobilnya.

Selama 26 tahun, ketiga mobil sport Lotus ini menghasilkan penjualan sebanyak 51.738 unit. Dari tahun 1996 hingga 2000, Lotus Elise dan Exige generasi pertama dibangun di aula perakitan kecil di Hethel di samping Lotus Esprit.

Baca Juga : Jenson Button Menguji Prototipe Radford Lotus Type 62-2

Matt Windle, Managing Director, Lotus Cars, mengatakan: “Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim Lotus yang telah bekerja untuk Elise, Exige dan Evora selama bertahun-tahun dan yang sekarang pindah ke manufaktur Emira dan Evija.”

Fasilitas perakitan saat ini yang dibangun pada tahun 2000, akan dibongkar dan diganti dengan fasilitas mutakhir yang semuanya baru untuk mendukung produksi Lotus Emira yang serba baru berkapasitas hingga 5.000 unit per tahun.

Baca Juga : Mobil Mesin Tengah Terakhir Lotus Emira V6 First Edition Siap Dipesan

Produksi terakhir Lotus Elise, Exige dan Evora akan disimpan menjadi koleksi warisan pabrikan dan bergabung dengan koleksi lain seperti Lotus Elise, Edisi Final Sport 240, Exige, Cup 430 Final Edition di Heritage Racing Green dan GT430 Sport.

Sebagai informasi, Lotus Elise dan Exige dibangun di sekitar 'platform mobil kecil' Lotus. Pada platform yang sama, dan juga diproduksi oleh Lotus di Hethel adalah Opel Speedster / Vauxhall VX220 dan Tesla Roadster. Oleh karena itu, termasuk mobil Lotus 340R, Europa, 2-Eleven dan 3-Eleven, ini menjadikan total volume produksi platform mobil kecil Lotus menjadi 56.618 mobil.