POPULAR STORIES

Produsen Ban Merasa Diuntungkan Dengan Adanya Jalan Tol

Produsen Ban Merasa Diuntungkan dengan Adanya Jalan Tol Ban untuk mobil komersil Hankook

KabarOto.com - Pembangunan jalan tol di berbagai daerah sedang gencar dibangun oleh pemerintah. Tahun ini juga, tol Jakarta sampai Malang, Jawa Timur sudah dioperasikan, dan yang baru saja dibuka tol layang Jakarta-Cikampek. Masih ada beberapa proyek tol yang baru diresmikan di pulau Sumatera.

Dengan pembangunan tol ini, produsen ban merasa diuntungkan, apa korelasinya antara jalan tol dan ban?

Baca Juga: Cara Hankook Tire Wujudkan Mimpi Mahasiswa Kurang Mampu Untuk Berprestasi

Sales Manager Domestic PT Hankook Tires Indonesia, Apriyanto Yuwono mengatakan, antara infrastruktur tol dengan penjualan sangat berkesinambungan, Hankook juga memperlebar pasar baru di wilayah Indonesia. "Produk Vantra sudah mulai dilirik oleh kendaraan komersial, karena kebutuhan ban untuk mendukung operasional kendaraan tentu akan meningkat," terangnya.

"Tidak hanya dari segi kendaraan penumpang yang sekarang mulai meningkat, tetapi juga truk dan bus semakin banyak kebutuhannya, karena jalan semakin mudah dan ban akan semakin terkikis," terang Apriyanto dikawasan Gandaria City, Jakarta Selatan.

Seiring dengan kebutuhan ban di Indonesia, Hankook Tire Indonesia juga menyambut positif pasar ban di Tanah Air untuk 2020. Produsen ban asal Korea Selatan ini menargetkan penjualan domestik naik untuk tahun depan hingga 10 persen.

"Tahun depan kita proyeksikan dengan kondisi politik yang stabil tahun depan, bisa naik kurang lebih 10 persen," tambah Apriyanto. Apriyanto melanjutkan, tiap tahunnya pabrik Hankook di Cikarang mampu memproduksi hingga 11 juta unit ban per tahun.

Baca Juga: Hankook Dynapro AT2 Generasi Terbaru Akan Lebih Bergerigi

Sebanyak 90% dari total produksi, diekspor ke berbagai negara di Amerika, Eropa, dan Asia-Pasifik. Sisanya, kurang dari 10% untuk kebutuhan lokal. "Adapun permintaan ban lokal yang mendominasi untuk kendaraan penumpang," tutup Apriyanto.