POPULAR STORIES

Produsen Senjata AK-47, Pamer Mobil Listrik Buatannya

Produsen Senjata AK-47, Pamer Mobil Listrik Buatannya Prototipe CV-1 (ist)

KabarOto.com - Perkembangan kendaraan listrik di dunia otomotif saat ini berjalan dengan sangat pesat. Hampir semua pabrikan baik mobil maupun motor, menyiapkan kendaraan dengan energi terbarukan yang ramah lingkungan tersebut.

Ternyata hal ini juga diikuti oleh perusahaan pembuat senjata asal Rusia yang legendaris, Kalashnikov. Secara mengejutkan, pabrikan yang terkenal dengan senapan serbu AK-47 ini, ternyata sudah menyiapkan mobil listrik yang kabarnya siap menyaingi Tesla.

Baca Juga: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Soal Keuangan Sebelum Kredit Mobil

Terinspirasi dari mobil buatan tahun 1970

Namun yang agak mengherankan adalah, tampilan mobil listrik buatan Kalashnikov ini malah memiliki desain bak mobil klasik. Berbeda dengan produsen lain kebanyakan, yang seakan berlomba menghadirkan desain futuristik, khas kendaraan masa depan.

Mobil prototipe dengan nama CV-1 yang diciptakan pabrik ini, terinspirasi oleh model hatchback Soviet pada tahun 1970-an dengan sebutan 'Izh-Kombi'. Kalashnikov memamerkan mobil retro ini pada pameran militer di Moskow yang berlangsung minggu ini.

CV-1 ini telah dilengkapi dengan teknologi terbaru khususnya baterai. Sehingga diklaim dapat melaju dengan jarak hingga 350 km, hanya dalam satu kali pengisian.

"Teknologi ini akan membiarkan kita berdiri di jajaran produsen mobil listrik global seperti Tesla dan menjadi pesaing mereka," tulis juru bicara Kalashnikov kepada media RIA-Novosti.

Bagian belakang dengan model hatcback

Meski begitu, mobil ini memiliki kecepatan yang tidak terlalu menggembirakan, karena hanya dapat melaju dengan kecepatan maksimal 80 kpj. Namun rasanya sudah cukup untuk kebutuhan di perkotaan.

Keputusan Kalashnikov untuk membuat mobil listrik mendapat beragam reaksi di Moskow. Tetapi nampaknya keputusan Kalashnikov sudah bulat, bahkan kabarnya mereka juga tengah menyiapkan kendaraan supercar yang juga bertenga listrik. "Kami sedang mengembangkan konsep kami sendiri dari supercar listrik melalui beberapa perkembangan," lanjut Kalashnikov.

Baca juga: Yuk, Intip Jeep Wrangler Moab Edition Yang Kece Ini

Tapi sampai saat ini sayangnya Kalashnikov belum memberi detail tentang rencana produksi masal dan spesifikasi detail mobil prototipe CV-1 ini.

Sekadar informasi, Kalashnikov saat ini telah mencari peluang masuk ke sejumlah sektor baru, diluar penjualan senjata. Seperti lini pakaian dan katalog barang-barang pribadi mulai dari payung hingga penutup smartphone.