5 Hal Yang Harus Diperhatikan Soal Keuangan Sebelum Kredit Mobil

5 Hal yang Harus Diperhatikan Soal Keuangan Sebelum Kredit Mobil GIIAS 2018

KabarOto.com - Sebelum memutuskan membeli kendaraan, tentunya setiap orang harus memikirkan dana apa saja yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Perbagai pertimbangan dipikirkan matang-matang agar tak terjadi pembengkakan pengeluaran. Apalagi jika memutuskan untuk membeli mobil secara kredit.

Yang harus dipertimbangkan sebagai pemilik mobil adalah biaya perawatan, pajak, hingga aksesori mobil dan kebutuhan lainnya.

Pemilik juga harus bersiap dengan pengeluaran terduga yang berkaitan dengan mobil . Nah apa saja sih yang harus dipikirkan secara matang ketika memiliki kendaraan, khususnya mobil.

Berikut ini redaksi KabarOto.com mencoba untuk merangkum sedikit cara untuk mengelola keuangan ketika memiliki mobil:

1. Bijak saat membeli mobil secara kredit

Bila Anda akhirnya memutuskan membeli mobil secara kredit, pastikan untuk mengalokasikan dana setia bulannya untuk memenuhi cicilan mobil yang dibayar. Tentunya harus sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Sebaiknya Anda harus memastikan bahwa alokasi kebutuhan lainnya masih tercukupi. Lebih baiknya lagi, jika Anda masih bisa menyisikan pendapatan untuk menabung.

Nah, apabila pendapatan Anda hanya akan terkuras untuk membayar kredit mobil, sebaliknya berpikir ulang. Sebab, hal itu akan menyulitkan keuangan Anda setiap bulannya.

Untuk itu, alangkah baiknya jika terlebih dahulu mengukur kemampuan keuangan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli mobil.

2. Perhatikan biaya perawatan mobil

Setelah membeli mobil, tentunya Anda harus juga memikirkan biaya perawatan rutin kendaraan Anda. Mulai dari perawatan berkala maupun kecil seperti membawa mobil ke salon mobil untuk sekadar dicuci ataupun ganti oli.

Sebisa mungkin hitung dengan cermat berapa perkiraan biaya perawatan mobil yang ingin Anda beli. Anda bisa bertanya kepada teman, saudara yang memiliki mobil yang Anda incar. Anda juga bisa mencari informasi itu dari sumber lain.

Karena perawatan mobil tentunya menjadi salah satu hal yang Anda harus pikirkan saat ingin kredit mobil. Dengan perawatan yang baik, tentunya dapat menunjang performa, kenyamanan saat berkendara maupun berada di dalam mobil kesayangan Anda. Semakin rutin melakukan perawatan, semakin awet mobil Anda.

Dan jangan sampai keuangan Anda terganggu justru untuk mengeluarkan biaya servis kerusakan mobil.

3. Biaya administrasi

Jangan lupakan biaya administrasi untuk kendaraan, karena biaya administrasi jika dikalkulasi dapat mempengaruhi keuangan Anda. Mulai dari pembuatan surat-surat mobil dan SIM yang tentunya menjadi sangat penting saat Anda berkendara.

Lalu jangan pernah lupakan juga biaya pajak kendaraan yang harus dibayarkan setiap tahun, perpanjangan STNK, SIM, dan penggantian pelat nomor setiap lima tahun sekali yang juga harus diperhitungkan.

4. Biaya operasional

Banyak masyarakat yang masih mengesampingkan hal ini, namun jika Anda jika dihitung ternyata cukup menyedot pengeluaran Anda, lohh sobat KabarOto!

Bagaimana tidak, jika anda menggunakan mobil setidaknya Anda harus mengeluarkan dana lebih untuk biaya tol, biaya bahan bakar, dan juga biaya parkir. Hal ini patut diperhitungkan karena biaya ini akan rutin dikeluarkan setiap hari.

Asuransi kendaraan

5. Biaya perlindungan aset

Selain beberapa biaya yang harus dikeluarkan diatas, Anda pun harus memikirkan biaya perlindungan aset. Dalam hal ini, berupa asuransi kendaraan. Karena dengan mengasuransikan mobil dapat melindungi Anda dari risiko buruk yang mungkin terjadi, serta membantu keuangan tetap stabil. Carilah informasi mengenai asuransi mobil yang memberikan berbagai kemudahan layanan, jangan tergiur dengan premi murah. Lalu pertimbangkan juga kelebihan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Semoga dengan beberapa kiat tersebut, dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan ketika Anda membeli kendaraan, khususnya mobil. Semoga bermanfaat ya, Guys!